Kampus  

Tim Dosen FMIPA UNNES Gelar Pelatihan Modul Ajar Berbasis TPACK untuk Guru IPA di Kota Semarang

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengembangan profesionalisme guru IPA dalam menggunakan teknologi yang sesuai dengan tujuan dan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Tim Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Pelatihan Modul Ajar berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk guru IPA di Kota Semarang.

SEMARANG, Banggasemarang.id – Tim Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Pelatihan Modul Ajar berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk guru IPA di Kota Semarang.

Kegiatan itu digelar pada hari Rabu (26/7/2023) di Gedung D6 lantai 3, FMIPA UNNES yang merupakan kerjasama dengan MGMP IPA Kota Semarang.

Dalam kegiatan yang diikuti kurang lebih 30 peserta dari berbagai sekolah ini merupakan inisiasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh FMIPA UNNES.

Tim pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya Dr. Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd selaku ketua tim pengabdi. Anggota tim terdiri atas Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., dan Trida Ridho Fariz, S.Si., M.Sc.

“Kegiatan ini menerapkan pola pelatihan dan dilanjutkan pendampingan serta penugasan. Peserta akan mendapat sertifikat yang setara dengan 32 JP, dengan syarat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, pendampingan, praktik atau implementasi dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah disampaikan.,”kata Prasetyo Listiaji, salah satu tim dosen.

Lebih lanjut, Prasetyo mengatakan tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengembangan profesionalisme guru IPA dalam menggunakan teknologi yang sesuai dengan tujuan dan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Kegiatan pelatihan ini dimoderatori oleh Trida Ridho Fariz, S.Si., M.Sc. Narasumber dalam pelatihan ini diantaranya, Dr. Novi Ratna Dewi, S.Si., M.Pd dengan materi kerangka TPACK, Prasetyo Listiaji, S.Pd., M.Sc., dengan materi kurikulum merdeka.

Narasumber terkahir adalah Sukimin S.Pd., M.Pd yang merupakan ketua MGMP IPA Kota Semarang dengan materi miskonsepsi dan klarifikasi dalam implementasi kurikulum merdeka.