Wisata  

Santosa Stable: Tempat Belajar Berkuda yang Terjangkau di Sekitar Semarang

SEMARANG, Banggasemarang.id – Banyak yang merasa enggan untuk mencoba berkuda karena dianggap sebagai olahraga yang mahal. Memang, memiliki kuda dan merawatnya bisa menjadi pengeluaran yang cukup besar. Namun, tahukah kamu bahwa untuk mempelajari olahraga yang bagus untuk membentuk postur tubuh, kamu tidak harus memiliki kuda sendiri?

Di sekitar tempat tinggalmu, mungkin ada ranch atau peternakan kuda yang menyediakan fasilitas latihan berkuda. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di sekitar Kota Semarang adalah Santosa Stable.

Terletak di Dusun Lendoh, Desa Leban, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, hanya sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Semarang, Santosa Stable menawarkan berbagai jenis kuda untuk kamu coba, mulai dari kuda lokal, persilangan, hingga kuda impor dengan harga yang beragam.

Menurut General Manager Santosa Stable, Yustinus Chrisna Novianto Wardana, peternakan ini memiliki lebih dari 30 ekor kuda dari berbagai wilayah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ada kuda Warmblood yang biasanya dipakai oleh kerajaan, kuda persilangan, kuda lokal dari Sumba, dan bahkan kuda poni untuk rekreasi yang cocok untuk anak-anak.

Berapa biayanya? Tenang saja, Santosa Stable menawarkan dua pilihan harga, yaitu untuk member dan non-member. Bagi peserta non-member, biaya latihan adalah Rp 500 ribu per pertemuan.

Sementara itu, untuk menjadi member, kamu perlu membayar uang pendaftaran sebesar Rp 2,5 juta per tahun. Lebih hemat lagi, jika kamu datang bersama teman atau keluarga, biayanya menjadi lebih terjangkau. Misalnya, Rp 3,5 juta untuk dua orang, Rp 4 juta untuk tiga orang, dan Rp 4,5 juta untuk empat orang.

Setelah mendaftar sebagai member, kamu hanya perlu membayar Rp 2 juta untuk 11 kali latihan dalam setahun. Setelah satu tahun berlalu, kamu bisa memperpanjang keanggotaan dengan membayar biaya daftar ulang.

Mungkin terdengar mahal, tapi sebenarnya harga pelatihan ini sebanding dengan manfaatnya. Karena merawat kuda membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka wajar jika biaya latihannya juga sebanding. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan trek berkuda yang sesuai standar dan pengamanan yang baik.

Selain itu, Santosa Stable juga memiliki instruktur berkuda yang kompeten dan bersertifikat, seperti Dorisman Daud atau yang biasa disapa Gomes. Gomes telah menjadi instruktur kuda selama 25 tahun dan percaya bahwa berkuda adalah olahraga yang relatif mudah dipelajari dan aman.

Menurut Gomes, kunci untuk menunggang kuda dengan baik adalah tetap rileks dan tidak panik. Selama kamu dapat mengendalikan emosi dan fisikmu, pelajaran berkuda akan berjalan dengan lancar. Namun, peserta diharapkan berusia minimal tujuh tahun.

Sejak dibuka untuk umum pada awal 2015, Santosa Stable telah berhasil melahirkan bibit-bibit atlet berkuda yang telah berhasil bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu contohnya adalah Ivana Santosa Putri, anak dari pemilik Santosa Stable.

Ivana telah mengikuti berbagai ajang berkuda tingkat nasional sejak masih duduk di bangku TK. Hingga saat ini, pada usia 17 tahun, Ivana telah mencicipi kompetisi internasional, termasuk International Equestrian Competition di Qatar pada 2018 lalu.

Selain mengukir prestasi sebagai atlet berkuda, Ivana juga merasakan manfaat positif dari berkuda dalam kehidupannya sehari-hari, terutama dari segi kesehatan. Berkuda membuatnya tidur lebih nyenyak dan membantu memperbaiki postur duduknya.

Bagi yang tertarik belajar berkuda seperti Ivana, jangan khawatir, waktu yang diperlukan tidak akan terlalu banyak. Cukup luangkan waktu sekitar 30-45 menit per sesi, karena menunggang kuda memang membutuhkan energi yang cukup.

Jika masih ragu, kamu bisa mencoba sensasi naik kuda terlebih dahulu dengan harga Rp 100 ribu, yang sudah termasuk didampingi seorang pawang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi Santosa Stable, yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.