Tahu Gimbal Semarang, Makanan Era Kolonial Yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Jika kamu sedang mencari tahu gimbal yang ada di sekitar Simpang Lima, maka tahu gimbal Bapak Edi adalah pilihan yang tepat.

Tahu Gimbal Semarang Pak Edy
Tahu Gimbal Semarang Pak Edy

SEMARANG, Banggasemarang.id – Kota Semarang terkenal sebagai salah satu kota yang kaya akan wisata kuliner. Nah, salah satu jenis hidangan yang dicari banyak orang begitu tiba di kota ini adalah tahu gimbal.

Makanan ini terdiri dari tahu, udang goreng tepung, sawi dan bawang goreng yang memberi kesan “gimbal”. Kuliner ini kemudian disiram dengan sambal kacang yang telah dicampur petis.

Sejarah Tahu Gimbal Semarang

Menurut catatan sejarah, Tahu Gimbal telah ada di Semarang sejak zaman penjajahan Belanda pada abad ke-19. Makanan ini awalnya menggunakan tahu “pong” yang kosong di dalamnya.

Sebelum disajikan, tahu digoreng terlebih dahulu. Secara keseluruhan, makanan ini mirip dengan ketoprak Jakarta, hanya saja ada tambahan udang tepung dan kol, sedangkan ketoprak menggunakan bihun, kecambah, dan telur.

Namun saat ini, tahu pong telah diganti dengan tahu yang lebih padat. Meskipun telah diganti, sajian tahu gimbal tetap sama, bahkan semakin lezat dan menggugah selera. Tahu Gimbal memiliki rasa gurih dan renyah yang berasal dari udang dan tahu, serta sensasi manis dari sambal kacang yang dicampur dengan petis. Tidak heran makanan ini sangat diminati oleh sebagian besar penduduk Semarang.

Warung Tahu Gimbal di Semarang

Ingin mencoba kuliner ini? Setidaknya ada beberapa warung tahu gimbal di Semarang yang dapat Anda kunjungi, di antaranya:

Tahu Gimbal Pak Edy

Jika kamu sedang mencari tahu gimbal yang ada di sekitar Simpang Lima, maka tahu gimbal Bapak Edi adalah pilihan yang tepat. Lokasinya berada di Jl. Menteri Supeno, yang terletak di seberang Taman Indonesia Kaya dan hanya berjarak 400 meter dari Simpang Lima. Tahu gimbal ini terkenal karena sambal kacangnya yang pekat dan rasa bawang putih yang khas.

Tidak hanya itu, potongan udang yang besar juga akan memuaskan lidahmu. Setelah makan, kamu harus mencoba es durian atau es campur di warung ini. Tahu gimbal Bapak Edy buka mulai pukul 16.00-23.00 setiap hari.

Tahu Gimbal Pak To

Keunggulan tahu gimbal Pak To adalah dari segi harga yang terkenal cukup murah. Tempatnya berlokasi di Jl. Batan Selatan dan berada dalam satu area dengan Pusat Kuliner Batan. Jaraknya dari Lawang Sewu hanya satu kilometer saja, lho!

Menurut para pelanggan setia, tahu gimbal Pak To terkenal dengan bumbu kacang yang manis gurih dengan rasa bawang putih yang pekat. Bukan hanya itu, bakwan udang dan potongannya cukup besar. Tahu gimbal Pak To buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00.

Tahu Gimbal Pak Sentot

Warung Tahu Gimbal Pak Sentot berada di jalan Arteri Soekarno Hatta, Semarang. Jaraknya dari Masjid Agung Jawa Tengah hanya 2,3 kilometer saja. Karakteristiknya adalah Bapak Sentot, penjualnya, selalu melayani pembeli dengan mengenakan blangkon khas Jawa Tengah, lho!

Sayuran yang terdapat di tahu gimbal ini terkenal segar. Selain itu, bumbunya kental dengan rasa bawang putih yang kuat. Ada juga taburan kacang tanah dan kecambah yang segar saat digigit. Ingin mengunjunginya? Tahu gimbal Bapak Sentot buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00.

Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Tahu Gimbal Lumayan Pak Man berlokasi di Jl. Plampitan No. 54, yang hanya berjarak 2,3 kilometer dari Paragon City Mall Semarang. Tahu gimbal ini terkenal karena sambal kacangnya yang kental dengan potongan gimbal udang yang sangat besar.

Namun, jangan terkejut, karena tempatnya sangat kecil! Bagian dalam hanya bisa menampung kurang dari 10 orang dan terasa sedikit pengap. Oleh karena itu, banyak pembeli yang memutuskan makan di mobil atau dibungkus. Meski waktu tunggu cukup lama, para pelanggan setianya pun tak mengeluh, karena perjuangannya sebanding dengan rasanya. Tahu gimbal cukup Pak Man buka setiap hari mulai jam 10.00-16.00.