Durian Kholil Mijen, Asli Semarang dan Terlezat di Indonesia

Durian Kholiil
Durian Kholiil

SEMARANG, Banggasemarang.id – Kota Semarang memiliki dua wilayah administrasi yang terkenal sebagai produsen durian terbaik. Wilayah tersebut adalah Gunungpati dan Mijen. Berbagai varietas durian asli tumbuh dan telah menghasilkan buah hingga berabad-abad lamanya. Dari varietas tersebut ada yang berukuran kecil hingga yang besar.

Meskipun saat ini banyak varietas durian baru hasil persilangan, namun durian asli Semarang tetap ada dan berkali-kali menjadi pemenang dalam acara festival durian. Baik dari segi ukuran, tekstur, maupun rasa.

Salah satu nama durian yang cukup populer adalah durian Kumbokarno. Sesuai dengan namanya, durian ini memiliki ukuran yang besar. Hampir serupa dengan durian montong, namun durian Kumbokarno memiliki bentuk bulat oval yang lebih sempurna dan halus.

Durian Kumbokarno tumbuh di wilayah Gunungpati, Mijen Semarang, dan juga di Boja Kendal yang memang berdekatan. Oleh karena itu, buah durian ini banyak dijual di Pasar Ace Mijen Semarang, yang lokasinya strategis dan dekat dengan ketiga wilayah tersebut.

Durian Kumbokarno memiliki isi buah yang besar, padat, berwarna putih kekuningan, dan rasa yang manis pahit khas durian lokal. Bobotnya bisa mencapai 7 hingga 10 kilogram per buahnya. Wajar jika harga per buahnya disesuaikan dengan ukurannya. Tetapi yang pasti jauh lebih terjangkau daripada durian montong, terutama jika dibeli langsung dari petani.

Selain Durian Kumbokarno, bagi penggemar durian, tentu sudah tidak asing dengan Durian Kholil yang berasal dari Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Durian Kholil telah populer sejak 1997. Durian Kholil awalnya memiliki nama Durian Emas karena warna kuning yang mendominasi. Perubahan nama itu dimulai saat durian tersebut ikut serta dalam kompetisi di tingkat provinsi dan nasional.

Si pemilik durian, Kholil mengakui dengan sengaja merubah nama durian tersebut agar lebih mudah diingat saat mengikuti kompetisi.

Perubahan nama menjadi Durian Kholil sendiri memiliki keuntungan tersendiri. Pada tahun 2008 yang lalu, Durian Kholil pernah dianggap sebagai durian terlezat di Indonesia.

Dia mengakui meneruskan bisnis buah durian secara turun-temurun. Jika dia menghitung, keluarganya sudah melanjutkan bisnis durian selama lebih dari satu abad.

Umumnya Durian Kholil memiliki bobot 4,7 kg yang dijual dengan harga mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 100.000 per kg. Setiap harinya, dia bisa menjual ratusan kg durian miliknya.

Saat ini, Durian Kholil semakin familiar di kalangan masyarakat. Penjual Durian Kholil tidak hanya terbatas di tempat-tempat tertentu, namun kini konsumen juga dapat memesannya melalui internet.

Pembeli Durian Kholil tidak lagi hanya di Kota Semarang, melainkan juga di beberapa wilayah lain seperti Nganjuk, Batam, dan Jakarta.