Vaksin Tiba, Tahap Awal Pemkot Semarang Prioritaskan Nakes

Selepas tiba di Provinsi Jawa Tengah, vaksin covid-19 untuk Kota Semarang nantinya akan diberikan terlebih dahulu kepada 15.488 tenaga kesehatan. Untuk tahap awal Kota Semarang akan mendapatkan sebanyak 5.450 dosis. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moch Abdul Hakam saat jumpa pers, Senin (4/1/2021). Hakam menjelaskan bahwa untuk prioritas awal vaksin akan didistribusikan kepada tenaga kesehatan secara bertahap.

“Prioritas penerima vaksin covid-19 di Kota Semarang secara bertahap yakni 15.488 tenaga kesehatan,” terang Hakam.

Kemudian selain tenaga kesehatan nantinya juga akan didistribusikan ke petugas pelayan public sebanyak 97.621 orang. Sedangkan untuk masyarakat umum dan para pelaku ekonomi akan didistribusikan sebanyak 420.391 orang, masyarakat rentan 352.486 orang, lansia dan disabilitas serta yang lainnya sebanyak 201.541 orang.

Terkait waktunya sendiri kapan vaksinasi tahap pertama dilakukan, Hakam belum bisa memastikan.Semua masih menunggu kepastian informasi dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

“Alur Distribusi vaksin saat ini sesuai juknis kemenkes dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sesuai alokasi secara bertahap, kemudian dinas kesehatan kota melalui Instalasi Farmasi mendistribusikan vaksin ke Fasyankes (Puskesmas, Rumah sakit/ klinik, pos pelayanan lainnya yang memenuhi persyaratan sesuai juknis dari Kemenkes) untuk di berikan kepada sasaran sesuai data sasaran,” terangnya.

Vaksin sendiri nantinya akan dikirim ke fasilitas-fasilitas pelayanan public seperti rumah sakit, puskesmas, kilnik atau pos pelayanan umum lainnya. Target dari Pemkot Semarang sendiri dapat memberikan vaksin kepada 1.187.527 warga Kota Semarang.

Secara keseluruhan sebanyak 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah akan menerima vaksin. Menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk yang terbanyak memang Kota Semarang.