UNDIP Sediakan Wisata Taman Rusa Gratis untuk Masyarakat Umum

Taman konservasi Rusa tersebut mulai dikembangkan pada Tahun 2014 yang sampai sekarang sudah dihuni oleh puluhan Rusa.

NIKMATI TAMAN RUSA. Pengunjung melihat rusa di taman konservasi rusa di Undip. (Foto: Tim Bangga Semarang)

SEMARANG, Banggasemarang.id –  Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang menyediakan wisata Taman Rusa. Taman konservasi rusa ini bisa dikunjungi secara gratis untuk pengunjung.

Taman Konservasi Rusa tersebut mulai dikembangkan pada Tahun 2014 yang sampai sekarang sudah dihuni oleh puluhan Rusa.

Salah satu pengunjung, Syafiana mengatakan dirinya tertarik mengunjungi taman tersebut karena anak-anaknya suka Rusa yang dapat diberi makan kangkung.

Selain itu, di tempat tersebut juga disediakan patung Sapi yang dapat dinaiki.

“Ketika Covid-19 pengunjung tidak boleh memberi makan Rusa. Saya memilih ini karena Taman Rusa gratis dan tempatnya sejuk.  Saya  juga merekomendasikan ke teman-teman untuk berkunjung ke Taman Rusa,”katanya pada Minggu, (15/10/2023).

Hal yang sama juga dikatakan Santi asal Tembalang. Santi mengatakan bahwa Taman Rusa tersebut cocok dijadikan sebagai sarana rekreasi yang edukatif untuk anak-anak. Karena tersedia berbagai macam jenis Rusa yang memiliki tanduk dan tidak.

“Saya selalu berkunjung bersama dua anak saya setiap sabtu dan minggu. Saya tertarik karena pengunjung bebas memberi makan rusa sepuasnya,”ujarnya.

Meskipun begitu, ia menyarankan bahwa Taman Rusa seharusnya ditambah dengan papan yang berisikan nama jenis Rusa yang tersedia.

“Sehingga kami tahu nama dan jenis apa Rusa tersebut,”pungkas dia.

Sebagai informasi, mengutip informasi dari laman Undip, awal mula pengembangan, pada tahun 2014, unit penangkaran Rusa Timor ini dihuni  3 ekor rusa jantan dan 4 ekor rusa betina yang menempati luasan lahan 3000 m2.

Selanjutnya pada perkembangannya, pada tahun 2020 Rusa-rusa Timor ini berkembang biak hingga melahirkan tiga generasi dengan total rusa jantan 29 ekor dan rusa betina 26 ekor.