Kabar Baik, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Buka Penerbangan Internasional Langsung Semarang-Madinah

Penerbangan pertama dilakukan pada Selasa (1/8/2023) dengan penerbangan JT-52. Keberangkatan jemaah umrah selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang resmi membuka penerbangan internasional. Penerbangan perdana internasional diawali dengan perjalanan ke Madinah, Arab Saudi. (Foto: Dok. Angkasa Pura)

SEMARANG, Banggasemarang.id –  Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang resmi membuka penerbangan internasional. Penerbangan perdana internasional diawali dengan perjalanan ke Madinah, Arab Saudi.

Penerbangan pertama yaitu untuk 212 jemaah umrah menggunakan maskapai Lion Air.

PH General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, R.M. Doddy Hapsoro dalam keterangannya, Rabu (2/8/2023) mengatakan dengan dibukanya rute penerbangan Semarang menuju Madinah ini merupakan upaya memfasilitasi masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya untuk melakukan ibadah umrah.

“Kami turut bersyukur, saat ini masyarakat tidak perlu lagi melakukan perjalanan darat maupun udara menuju Kota Surabaya atau Jakarta yang tentunya hal ini dapat mempersingkat durasi perjalanan,”kata dia.

Penerbangan pertama dilakukan pada Selasa (1/8/2023) dengan penerbangan JT-52. Keberangkatan jemaah umrah selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023. Kemudian penerbangan pulang umrah ke Tanah Air akan dilaksanakan pada 13 dan 16 Agustus 2023 mendatang.

“Kami bersama seluruh stake holder terkait memastikan seluruh fasilitas di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ini dalam kondisi prima, sehingga para jemaah umrah dapat melakukan perjalanannya dengan aman, nyaman dan selamat saat menuju Tanah Suci hingga kembali lagi nanti ke Tanah Air,”ujarnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan dibukanya rute penerbangan langsung itu untuk mempermudah akses warga Semarang Raya. Dengan penerbangan langsung Semarang ke Madinah akan mempercepat akses masyarakat.

“Jemaah umrah dan wisatawan dari Jawa Tengah dan sekitarnya akan memiliki pilihan penerbangan yang lebih mudah dan nyaman menuju kota suci Madinah. Tidak perlu lagi melakukan transit atau berganti pesawat di kota lain di Indonesia, sehingga perjalanan menjadi lebih lancar dan cepat,” jelas Danang.

Ia menjelaskan rute baru dari Semarang ke Madinah, Arab Saudi, itu bekerja sama dengan mitra Dream Aviation, Mama Tour and Travel serta agen perjalanan lainnya.

“Penawaran terbaik mulai dari Rp 15,3 juta untuk program 9 hari dari Mama Tour and Travel. Jemaah umrah dan wisatawan bisa menghemat biaya perjalanan karena tidak perlu membayar biaya tambahan untuk tiket penerbangan lanjutan,”imbuh dia.