Jateng  

Jateng Halal Fair Diharapkan Mampu Tingkatkan Literasi Masyarakat Terhadap Ekonomi dan Keuangan Syariah

Wakil Presiden Ma'ruf Amien didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memukul bedug sebagai tanda pembukaan Jateng Halal Fair 2023 di Alun-alun Masjid Agung Kauman, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/4/2023).

SEMARANG, Banggasemarang.id – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin resmi membuka membuka Jateng Halal Fair (JHF) 2023 pada Senin (3/4/22023) di Alun-alun Masjid Kauman Semarang.

Dalam sambutannya, KH Ma’ruf Amin mengharapkan JHF bisa meningkatkan literasi masyarakat, terhadap ekonomi dan keuangan syariah.

Hal ini, dilandaskan data dari Survei Bank Indonesia tahun 2022 menyebutkan, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional baru mencapai 23,3%.

Sehingga, masih diperlukan kerja keras untuk meningkatkan literasi masyarakat, baik melalui edukasi akademik, sosialisasi, dan kolaborasi multipihak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi digital.

Di sisi lain, JHF diharapkan juga mampu mendorong bangkitnya pelaku usaha ekonomi dan keuangan syariah.

Potensi dan perkembangan ini, papar Ma’ruf, perlu terus dikomunikasikan, sehingga menjadikan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif menjadi bagian dari kegiatan kesehariannya.

“Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan, dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia, pada tahun 2024,” kata wapres.

KH Maruf Amin juga mengharapkan menggelorakan semangat masyarakat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat global.

“Melalui acara ini kiranya tingkat literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah bertumbuh lebih baik lagi, sekaligus mampu mendorong bangkitnya pelaku usaha ekonomi dan keuangan syariah,” ujar dia.

Lebih jauh Wapres meminta, potensi dan perkembangan ini perlu terus dikomunikasikan sehingga menjadikan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif menjadi bagian dari kegiatan kesehariannya.

“Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada tahun 2024,” pesan Wapres.

Wapres pun memuji antusiasme masyarakat yang turut menggaungkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jateng, khususnya di bulan Ramadan ini.

“Saya bersyukur dan merasa bangga, karena masyarakat Jawa Tengah memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk menyemarakkan Ramadan dan menggelorakan semangat ekonomi dan keuangan syariah untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,”jelas dia.

“Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Jateng Halal Fair 2023, secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridai semua upaya yang kita lakukan,” pungkasnya.