Disporapar Jateng Siap Fasilitasi Event untuk Kembangkan Kampung Wisata

Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Nugrohor Rachmadi. (Foto: Dok. Bangga Semarang)

SEMARANG Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah siap memfasilitasi event untuk mengembangkan kampung wisata di Kota Semarang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Nugroho Rachmadi saat menjadi narasumber dalam dialog “Sambang Sedulur Ing Kampung Jawi” dalam rangka reses Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Agung Budi Margono, Jumat (10/12/2021) malam di Kampung Jawi, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Menurut pria yang akrab disapa Sinoeng ini, dialog Bersama Pokdarwis Kampung Wisata pada Jumat malam tersebut kaitan dengan perlunya sentuhan dan pola pengembangan dari Pemprov Jateng kaitannya dengan kampung wisata di Kota Semarang.

“Saya menyambut baik pengembangan kampung wisata di Kota Semarang, paling tidak tawaran saya nanti ada dukungan tentang fasilitasi event yang bisa diselenggarakan di beberapa kampung wisata dengan skala Jateng, seperti lomba macapat, lomba nembang dan sabegaainya,”kata Sinoeng saat dikonfirmasi banggasemarang.id.

Lebih lanjut, Sinoeng mengatakan selain sejumlah event itu, pihaknya juga akan menggandeng influencer dari luar Jateng untuk datang di kampung-kampung wisata di Kota Semarang.

“Yang kedua ada program Jateng on the spot yang diikuti para blogger, netizen penggiat wisata yang memiliki followers diatas 10 ribu dari luar Jateng, kemudian mereka kita kita ajak ke kampung wisata yang selama ini belum menyentuh kampung wisata yang ada di perkotaan sehingga mereka bisa melakukan storytelling,”jelasnya.

Lebih lanjut, Sinoeng mengatakan kampung wisata di Kota Semarang sendiri memiliki potensi yang cukup bagus. Hanya saja, kata dia, selama ini kurang publikasi sehingga kurang dikenal oleh masyarakat.

“Jadi inilah, yang kemudian kita bisa melakukan kolaborasi, kerja gotong royong, baik dengan Komunitas Ekonomi Kreatif, Pemprov dan Pemkot, sehingga itu akan menjadi orkestrasi gerakan bersama, ini tawaran yang bagus, dan mudaha-mudahan pandemi semakin menurun, dan kita smekain taat prokes sehingga perlahan kita bangkit untuk pariwisata,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi C DPRD Jateng Agung Budi Margono, Ketua Ekonomi Kreatif (KEK) Jateng Adin Hysteria, Ketua Forum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Semarang dan perwakilan Pokdarwis Kota Semarang.

Disporapar Jateng Siap Fasilitasi Event untuk Kembangkan Kampung Wisata Kota Semarang