Agung BM Dorong Pemprov Intervensi Pengembangan Kampung Wisata dengan Kebijakan Anggaran

Agung BM saat reses di Kampung Jawi Sukorejo, Gunungpati, Kota Semarang pada Jumat (10/11/2021). (Foto: Dok. Banggasemarang)

SEMARANG – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Agung Budi Margono mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengintervensi pengembangan kampung wisata di kota-kota besar di Jawa Tengah dengan kebijakan anggaran.

“Kami bertemu dengan Pokdarwis di Kota Semarang dan berdiskusi kaitannya bagaimana memperjuangkan alokasi dana desa wisata yang dimiliki Pemprov yang selama ini hanya di kabupaten,”kata Agung BM saat gelar serap aspirasi di kampung jawi, Desa Sukorejo, Kecamatan Gunungpati pada Jumat (10/12/2021) malam.

Lebih lanjut, Agung mengatakan pihaknya selaku anggota DPRD Kota Semarang yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Semarang berharap ada intervensi dari Pemprov dalam upaya pengembangan kampung wisata tersebut.

“Kami di Dapil Kota Semarang merasa Pemprov harus mengintervensi kampung wisata di kota-kota metropolitan di Jateng, tidak hanya Semarang, tapi juga di Solo, Pekalongan, Tegal, Magelang dan salatiga, itu juga kota-kota yang kita dorong mendapatkan atensi kebijakan anggaran dari pemprov Jateng,”jelas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dengan adanya intervensi dari Pemprov, Agung mengatakan desa atau kampung wisata di kota metropolitan di Jateng bisa lebih tumbuh dan berkembang.

“Tadi dalam dialog banyak hal yang bisa dilakukan oleh Pemprov kepada kampung wisata, seperti adanya event-event wisata, yang penting ada komunikasi dari Pemprov dan masyarakat dan fungsi DPRD adalah menjembatani aspirasi masyarakat kaitand engan kebaijkan yang selama ini yang dilakukan Pemprov Jateng,”papar Agung.

Di Kota Semarang sendiri, kata Agung, ada lebih dari 50 kampung atau kelompok wisata yang membutuhkan perhatian oleh Pemerintah.

“Maka mari Bersama-sama melakukan pola komunikasi, kami DPRD siap memfasilitasi apa yang bisa kita lakukan bersama, sehingga Kota Semarang bisa menjadi salah satu destinasi yang dituju oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara dengan menghadirkan budaya-budaya lokal yang nantinya membangun kesejahteraan warga Kota Semarang,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinoeng Nugroho Rachmadi, Ketua Ekonomi Kreatif (KEK) Jateng Adin Hysteria, Ketua Forum Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Semarang dan perwakilan Pokdarwis Kota Semarang.

Agung BM Dorong Pemprov Lebih Perhatikan Kampung Wisata di Kota Semarang