Jateng  

Pentas Dongeng Babad Banyumas Kenalkan Sejarah dan Pendidikan Karakter Anak

BANYUMAS, Banggasemarang.id — Puluhan siswa dari Taman Kanak-Kanak (TK) di Banyumas antusias mengikuti Pentas Dongeng Babad Banyumas yang diselenggarakan di Bale Babad, Bale Pustaka Cahaya, Mandirancan, Kebasen, Rabu (11/9/2024).

Acara yang menghadirkan pendongeng nasional, Tedi Kartino membawakan cerita tentang asal mula nama Banyumas.

Nassirun Purwokartun, penggagas acara, mengatakan bahwa dongeng ini dipilih untuk memperkenalkan sejarah lokal kepada generasi muda.

“Kami ingin anak-anak mengetahui asal-usul nama Banyumas. Siapa yang memberikan nama ini, dan peristiwa apa yang menjadi latar belakangnya. Ini penting agar mereka bangga dengan tanah kelahirannya,” jelas Nassirun.

Lebih dari sekadar mengenalkan sejarah, Nassirun juga berharap dongeng ini bisa menanamkan nilai-nilai kebaikan.

“Asal mula nama Banyumas erat kaitannya dengan kedekatan manusia dengan Tuhan. Kami berharap selain kepada anak-anak, juga kepada orang dewasa untuk memahami bahwa dalam menghadapi musibah, jalan terbaik adalah mendekat kepada Tuhan dan memohon pertolongan-Nya,” tambahnya.

Tedi Kartino kemudian membawakan dongeng dengan gaya interaktif, mengisahkan perjalanan tokoh yang pertama kali memberikan nama Banyumas. Dongeng ini berhasil menarik perhatian anak-anak yang hadir, sekaligus memberikan pelajaran tentang pentingnya mengenal sejarah dan nilai moral sejak dini.