UNNES-PKK Kalikayen Kabupaten Semarang Gelar Penyuluhan Penguatan Pola Asuh Orang Tua

Tim pengabdian Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) berkolaborasi bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikayen dan Tim Kelompok PKK Desa Kalikayen melaksanakan penyuluhan dan penguatan pola asuh orang tua. (Foto: Dok)

SEMARANG, Banggasemarang.id –  Tim pengabdian Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) berkolaborasi bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikayen dan Tim Kelompok PKK Desa Kalikayen melaksanakan penyuluhan dan penguatan pola asuh orang tua.

Kegiatan tersebut digelar untuk mengatasi kenakalan anak dan remaja di lingkungan PKK Desa Kalikayen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.

Pengabdian ini dilaksanakan oleh tim pengabdi yang terdiri dari Dany Buyung Yudha Prasetya, Pundani Eki Pratiwi, Andy Moorad Oesman, Sunahrowi dan dibantu oleh mahasiswa bernama Natasha Kurniawan dan Evita Rizki Manda Sari.

Dany Buyung mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pola asuh kepada anak, tim pengabdi pertama berbagi pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak, remaja hingga dewasa dan dilanjutkan berbagi pengetahuan mengenai pola asuh anak.

“Pemahaman dan pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak diperlukan untuk memahami pola asuh mana yang tepat diterapkan di berbagai tahapan usia anak,”katanya, Rabu (26/6/2024) di Kota Semarang.

Penyuluhan dan penguatan terbagi kedalam tiga  sesi yaitu sesi ceramah dan  selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai pengalaman dan seputar permasalahan yang dialami peserta.

Pada sesi tanya jawab dan diskusi terlihat antusiasme peserta dalam berbagi cerita dan mencari solusi bagaimana penerapan yang tepat untuk mengatasi masalahnya.

Tim pengabdi Pundani Eki Pratiwi menjadi narasumber utama berbagi dan menuntun diskusi.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan pembahasan dan diskusi mengenai program yang dapat digalakkan oleh anggota dalam lingkup kelompok PKK di Desa Kalikayen untuk untuk bersama mewujudkan diskursus akan pentingnya kesadaran orang tua memahami mengenai tumbuh kembang anak dan pola asuh yang tepat diterapkan kepada anak di masing-masing tingkat pertumbuhan usianya.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan konten dan artikel positif yang tersedia di internet untuk dapat digunakan sebagai topik dan dibahas bersama ketika program PKK diselenggarakan baik di tingkat Dusun maupun di tingkat Desa.

Dany Buyung mengatakan kegiatan ini sebagai wujud pengabdiannya kepada masyarakat yaitu dengan berbagi menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

“Dalam hal ini di lingkungan Tim Kelompok PKK Desa Kalikayen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang sebagai organisasi yang aktif berperan dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan dan keluarga di daerah yang dekat dengan Universitas Negeri Semarang,”jelas Dany Buyung.

“Kami harap pengabdian masyarakat ini dapat menjadi program dalam upaya mendorong pemberdayaan perempuan dan memberikan peningkatan kualitas kesejahteraan keluarga di  masyarakat Desa Kalikayen Kecamatan Ungaran Timur,”pungkasnya.