Melewati Semarang, Azmi Pandemi Tampil dengan Gaya Kera Sakti Kenalkan Lagu Xa Wang Xie Na Wang Keliling Kota Lama

Karena penampilannya yang berbeda warga Semarang antusias menyaksikannya, merekam bahkan meminta untuk foto bersama.

Azmi Pandemi tampil dengan gaya kera sakti mengelilingi kota lama Semarang untuk memperkenalkan lagu Xa Wang Xie Na Wang. (Foto: Dok Instagram Azmi Pandemi)

SEMARANG, Banggasemarang.id –  Dilansir dari unggahan di Instagram @azmipandemi pada 1 Oktober 2024  terlihat musisi Azmi Pandemi mengelilingi kota Semarang hingga ke ikon kota lama.

Mereka berjalan santai menyapa warga mengenakan kostum unik Journey to the West atau yang dikenal dengan judul film Kera Sakti.

Ada yang mengenakan kostum Biksu Tong seperti yang dikenakan sang vokalis, Miftahul A’zmi, dan para personil musisi lainnya mengenakan pakaian Pat Kay, Wucing hingga Wukong sang Kera Sakti.

Karena penampilannya yang berbeda warga Semarang antusias menyaksikannya, merekam bahkan meminta untuk foto bersama.

Musisi ini memperkenalkan karya otentiknya dengan berjalan menyusuri setiap sudut kota Semarang untuk membawa kolaborasi antar budaya Jawa dan Tionghoa.

Musisi Azmi Pandemi yang lahir saat masa pandemi, memiliki karya-karya yang unik seperti lagu Xa Wang Xie Na Wang yang dirilis di YouTube tahun 2021 dan didaftarkan di platform musik mainstream pada 2024.

Lagu ini merupakan kompilasi antar budaya Jawa Ngapak yang judulnya diambil dari semboyan Jawa sawang sinawang yang artinya tidak membandingkan hidup dengan orang lain.

Mirip dengan kata Ojo Dibandingke, di mana dalam hidup ini untuk selalu bersyukur dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Perpaduan unsur Mandopop dengan alat musik tradisional Tiongkok seperti guzheng, dizi, dan erhu menciptakan nuansa unik yang menggambarkan budaya Tionghoa.

Tidak hanya itu, lagu ciptaan Miftahul Azmi ini juga memadukan elemen dangdut melalui tempo, tabuhan gendang Jawa yang menghasilkan irama yang unik.

Demikian ulasan Azmi Pandemi yang tampil dengan gaya Kera Sakti mengelilingi kota lama Semarang untuk memperkenalkan karya uniknya dengan Lagu Xa Wang Xie Na Wang.