Semarak HUT RI Warga Kabupaten Semarang, Harmoni dalam Kebersamaan dan Kreativitas

Kegiatan selanjutnya berlangsung pada pagi harinya, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan acara senam bersama warga RW 08 yang mendatangkan seorang instruktur senam.

Semangat warga RW 08 Desa Nyatnyono dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 berlangsung sangat meriah.

UNGARAN, Banggasemarang.id – Semangat warga RW 08 Desa Nyatnyono dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 berlangsung sangat meriah. Dimulai pada Sabtu malam Minggu, 10 Agustus 2024 pukul 20.00, diadakan lomba paduan suara untuk ibu-ibu dan remaja putri di lingkungan RW 08.

Setiap RT mengirimkan regu paduan suara dengan komposisi minimal 6 orang dan maksimal 10 orang. Setiap regu membawakan satu lagu wajib, “Hari Merdeka”, dan satu lagu bebas, yaitu campursari. Persaingan penampilan ibu-ibu dalam lomba paduan suara sangat ketat, mengingat peserta dari RT 01 hingga RT 07 tampil sangat baik.

Masing-masing berusaha menampilkan kreativitas dalam seni olah suara dan koreografinya, sehingga membuat para juri agak kebingungan. Pada akhirnya, dari persaingan nilai yang ketat, keluar sebagai juara pertama adalah RT 04 dengan nilai 999, juara kedua RT 02 dengan nilai 996, dan juara ketiga RT 05 dengan nilai 985.

Kegiatan selanjutnya berlangsung pada pagi harinya, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan acara senam bersama warga RW 08 yang mendatangkan seorang instruktur senam. Warga sangat antusias berolahraga senam di pagi hari dengan irama musik yang menghentak.

Warga mengikuti gerakan badan sesuai instruksi dari instruktur senam yang berada di atas panggung. Bahkan yang lebih luar biasa, para lansia pun ikut serta dalam senam bersama yang kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat.

Jalan sehat kemerdekaan diikuti oleh seluruh warga RW 08.

Ratusan warga tampak hadir memeriahkan jalan sehat yang diadakan oleh panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 RW 08 Desa Nyatnyono. Kegiatan jalan sehat dibuka langsung oleh Kepala Desa Nyatnyono, Parkunto.

“RW 08 selalu menjadi yang terdepan dan semoga bisa menjadi contoh untuk RW lainnya di Desa Nyatnyono. Semoga dengan kegiatan jalan sehat ini bisa menjadi sarana hidup sehat warga RW 08 dan bisa menjadi sarana warga RW 08 untuk lebih guyup rukun,” tutur Parkunto, Kepala Desa Nyatnyono, dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Nyatnyono juga memberikan hadiah doorprize kepada salah seorang anak peserta jalan sehat yang memakai baju paling unik, yaitu berupa baju Garuda Pancasila. Beberapa peserta dengan baju unik lainnya juga mendapatkan doorprize dari panitia.

Kurang lebih satu jam perjalanan jalan sehat menempuh rute melalui RT 03 menuju RT 01, kemudian berbelok menyusuri jalan di RT 06, dilanjutkan melewati jalan di RT 02 yang agak menanjak sedikit, kemudian turun masuk ke RT 04, dilanjutkan memasuki jalan di RT 07, dan kembali ke RT 03 di lapangan tempat kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79 RW 08 Desa Nyatnyono dipusatkan.

Panitia jalan sehat juga menyediakan ratusan doorprize menarik yang membuat para peserta antusias mengikuti acara hingga selesai.

Sambil diselingi pembagian doorprize, ditampilkan pula pentas seni kemerdekaan dari masing-masing RT yang membuat acara semakin meriah. Kreativitas seni dan tari dari anak-anak, remaja, dan ibu-ibu RW 08 tampak sangat menghibur warga yang hadir.

Dalam pembagian doorprize, ada yang sedikit unik dalam penyelenggaraan jalan sehat kali ini, di mana kupon undian tidak menggunakan angka, namun diisi dengan nama dan asal RT, sehingga undian doorprize tidak bisa diwakilkan dan dianggap hangus jika yang bersangkutan sudah pulang.

Dalam kesempatan pentas seni kemerdekaan tersebut juga sempat diumumkan pemenang lomba K3 dan lomba paduan suara. Untuk lomba K3, yang keluar sebagai juara pertama adalah RT 06 dengan nilai 1.328, juara kedua RT 04 dengan nilai 1.325, dan juara ketiga RT 07 dengan nilai 1.309.

Menambah semarak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 RW 08 Desa Nyatnyono, panitia juga menggelar lomba bola voli untuk bapak-bapak dan remaja putra. Lomba dilaksanakan pada siang harinya pukul 13.30 WIB. Masing-masing RT mengirimkan satu tim bola voli dengan anggota 6 orang.

Panitia menggunakan sistem gugur dalam pertandingan bola voli ini. Masing-masing tim berusaha menunjukkan performa terbaiknya dalam lomba voli ini. Pertandingan berlangsung sangat seru dan menghibur, terutama ketika terjadi final antara RT 04 dan RT 03. Terjadi kejar-kejaran angka perolehan, saling smash dan saling bertahan dengan suara suporter dari masing-masing RT yang gegap gempita mendukung timnya masing-masing.

Dari persaingan angka yang sangat ketat, pada akhirnya tim bola voli RT 04 berhasil keluar sebagai juara I, disusul RT 03 sebagai runner-up atau juara II, dan juara III diraih RT 01.

Ketua panitia kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Edy Tedjo, merasa sangat senang dan bersyukur karena pada akhirnya seluruh rangkaian acara memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia RW 08 Desa Nyatnyono bisa berlangsung dengan aman dan lancar, meskipun masih ada beberapa kekurangan yang akan dievaluasi untuk penyelenggaraan yang lebih baik tahun depan.

“Kami mewakili tim panitia mengucapkan terima kasih kepada semua warga RW 08 atas semangat sengkuyung sesarengan dalam menyukseskan kegiatan Gebyar HUT RI ke-79 tahun 2024 hingga selesai dengan lancar. Kami ucapkan terima kasih juga kepada juri/wasit lomba-lomba dan tamu undangan,” tutur Edy Tedjo.

“Kami mewakili tim panitia juga mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua warga RW 08, juri/wasit lomba, dan tamu undangan atas kekurangan, kesalahan, kekeliruan, dan kekhilafan dalam penyelenggaraan Gebyar HUT RI ke-79 tahun 2024,” imbuhnya. (Nur)