Dukung Digitalisasi, Mahasiswa PPG Prajab UNNES Gelar Sosialisasi Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis IT

Tim Mahasiswa PPG Prajabatan IPA Gelombang 2 UNNES yang terdiri dari Avila Aras, Iqlima Ramiza Fauzi, Kamilia Zulfa, Khotimatus Sangadah, dan Saidatul Ulfa telah sukses menyelenggarakan sosialisasi. (Foto: Dok)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Tim Mahasiswa PPG Prajabatan IPA Gelombang 2 UNNES yang terdiri dari Avila Aras, Iqlima Ramiza Fauzi, Kamilia Zulfa, Khotimatus Sangadah, dan Saidatul Ulfa telah sukses menyelenggarakan sosialisasi yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengelola website serta akun media sosial sekolah dalam rangka suksesi era digitalisasi.

Kegiatan tersebut digelar pada hari Senin (31/7/2023) dengan menggandeng PKBM Tunas Mekar yang beralamatkan di gajahmungkur Semarang dan dihadiri oleh siswa serta guru PKBM tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa website dan sosial media saat ini menjadi platform yang cukup menjanjikan untuk melakukan promosi dan media publikasi.

Dalam sambutannya, Saidatul Ulfa selaku perwakilan pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa digitalisasi dapat mempermudah semua orang dalam mengakses berbagai informasi yang hampir tak terbatas.

Saidatul mengatakan sudah seharusnya kita sebagai penggerak pendidikan dapat pula memanfaatkan era digitalisasi ini sebagai sarana publikasi dan dapat membuka layanan berbasis IT.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menambah wawasan sekaligus keterampilan siswa dan guru dalam menyajikan informasi yang kredibel melalui website dan youtube serta dapat mengoptimalkan peran keduanya untuk media publikasi, promosi, maupun media edukasi,”kata dia.

Adapun kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh Kamilia Zulfa selaku pemateri dari mahasiswa PPG Prajabatan UNNES.

Kamilia menyampaikan materi mengenai peranan website dan youtube bagi sekolah, cara mengelola website sekolah, cara membuat konten di youtube dan macam-macam aplikasi edit video untuk konten youtube.

Dia juga menampilkan langsung website yang sudah dikembangkan oleh timnya dengan alamat website yaitu www.pkbmtunasmekar.com

Melalui desain yang responsif dan penggunaan konten yang menarik, website ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tentang PKBM Tunas Mekar.

Kegiatan sosialisasi website dan media sosial ini merupakan langkah penting PKBM Tunas Mekar untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Diharapkan bahwa melalui kolaborasi ini, PKBM Tunas Mekar dapat terus memberikan layanan pendidikan nonformal yang berkualitas dan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif dalam peningkatan tingkat literasi dan pengetahuan di lingkungan sekitar.

Diwakilkan oleh Zulfa, Tim Mahasiswa PPG Prajabatan menyerahkan website secara simbolik serta handout yang berisi panduan tutorial mengelola website kepada Ketua Yayasan PKBM Tunas Mekar, Zippora Kristini agar dapat dikelola oleh tim PKBM.

Dalam sambutannya, Kristin menyampaikan apresiasi kepada tim mahasiswa PPG Prajabatan UNNES karena telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan tim mahasiswa PPG prajabatan UNNES ini karena kami bisa belajar lagi tentang teknologi. Dengan adanya website ini saya tentunya ingin PKBM Tunas Mekar lebih dikenal oleh masyarakat kota Semarang khususnya dan Masyarakat Indonesia pada umumnya,”kata Kristin, sapaan akrabnya.