Gelar Wayang Kulit, Dewan Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Agung Budi Margono menggelar pagelaran seni budaya wayang kulit bersama masyarakat dengan dalang Ki Hadi Purwanto pada hari Sabtu (17/6/2023)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Agung Budi Margono menggelar pagelaran seni budaya wayang kulit bersama masyarakat dengan dalang Ki Hadi Purwanto pada hari Sabtu (17/6/2023) di kelurahan Sampangan kecamatan Gajahmungkur kota Semarang.

Pria yang akrab disapa Agung BM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari “Sosialisasi Kebijakan Melalui Media Tradisional” yang diprogram setiap bulan oleh DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk masyarakat.

“Kegiatan ini wujud kita untuk menghadirkan pertunjukan kesenian dan budaya agar terus terjaga kelestariannya sepanjang zaman,”katanya.

Selain itu, Agung BM mengatakan tentunya tidak ingin bangsa ini melaju pesat dalam pembangunan fisiknya, namun kehilangan seni dan kebudayaannya.

“Kita harus terus hadir dan bersatu untuk menjaga kebudayaan bangsa ini yang begitu beragam sekali dari Sabang-Merauke. Karna inilah salah satu kekayaan bangsa Indonesia, seperti dalam kesempatan ini kita hadirkan pertunjukan yang kulit untuk masyarakat,”jelasnya.

Sementara, dalang Ki Hadi Purwanto yang membawakan wayangan dengan cerita “Semar Mbabar Jatidir” juga menyampaikan agar asset-aset kesenian dan kebudayaan lokal bangsa ini agar terus kita lestarikan bersama.

“Pentingnya juga para seniman dan budayawan untuk terus diberi ruang dan kesempatan untuk berkarya,”katanya.