Tim Dosen UNNES Selenggarakan Pendampingan PTK Guru di SMP 2 Tengaran

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru dalam menyusun PTK dan mendeseminasikan PTK melalui artikel ilmiah maupun laporan.

SEMARANG, Banggasemarang.id – Tim Dosen Jurusan IPA Terpadu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru di SMP 1 Tengaran Kabupaten Semarang pada Selasa (13/6/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru dalam menyusun PTK dan mendeseminasikan PTK melalui artikel ilmiah maupun laporan.

“PTK merupakan kewajiban guru saat ini, selain untuk syarat kenaikan pangkat, juga untuk memperbaiki proses pembelajaran, jadi pelatihan PTK sangat penting,”ujar M Musi’in selaku kepala SMP 2 Tengaran.

Tim Dosen UNNES terdiri dari 4 orang diantaranya Prasetyo Listiaji, Novi Ratna Dewi, Erna Noor Savitri, dan Rizki Nor Amelia.

Pelatihan terbagi dalam 2 materi, yang pertama adalah materi terkait PTK yang disampaikan oleh Novi Ratna Dewi, kemudian dilanjutkan materi penulisan dan publikais artikel PTK yang disampaikan oleh Prasetyo Listiaji.

“Kegiatan ini juga berpla in-on, artinya pelatihan tidak hanya secara tatap muka tetapi dilanjutkan dengan pendampingan melalui daring hingga guru dapat menyelesaikan produk laporan atau artikel PTK,”ujar Prasetyo Listiaji selaku koordinator tim.

Perserta kegiatan ini tidak hanya guru dari SMP 2 Tengaran tetapi juga guru dari SMP 1 Tengaran, SMP 1 Getasan, dan SMP 1 Kaliwungu. Total peserta sejumlah 40 guru.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, dengan PTK pembelajaran akan lebih berkualitas dan kami juga dapat mempublikasikan hasil PTK kami,”kata Titien Supriyati salah satu guru peserta pelatihan.