Dewan Ajak Kolaborasi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Gen Z

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah perlu mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif (Ekraf) agar produk ataupun jasanya bisa lebih berkembang.

SEMARANG, Banggasemarang.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah perlu mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif (Ekraf) agar produk ataupun jasanya bisa lebih berkembang.

Dalam Forum Group Discussion Ekonomi Kreatif Explore Jateng, Ala Gen Z yang digelar oleh DPRD Provinsi Jateng bersama Suara Merdeka Network (SMN)  terungkap kolaborasi sangat diperlukan untuk mengangkat pelaku UMKM sektor Ekraf di Miwitti Space Kawasan Kota Lama Semarang, Senin (13/2/2023).

Anggota DPRD Jateng Agung Budi Margono menyampaikan percepatan digitalisasi juga turut menjadi faktor untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat. Ini termasuk juga ekonomi kreatif dimana potensinya cukup besar di Jawa Tengah.

”Bicara soal ekonomi kreatif ini kita juga perlu diskusi bersama anak-anak muda seperti yang dilakukan sekarang,” ujar Agung.

Optimisme terhadap perekonomian di Jateng ini, lanjut Agung, juga didukung kemudahan akses dan infrastruktur yang luar biasa.

”Hal ini juga menjadi pengungkit sektor pariwisata karena dengan kemudahan akses ini semakin banyak yang bisa singgah ke berbagai kota di Jateng dan ini akan mendorong ekonomi,” paparnya.

CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono menambahkan, SMN ingin bisa berkolaborasi dengan pelaku usaha Ekraf khususnya Gen Z.

SMN sendiri juga sudah melaunching Jualan Bareng Bareng yang memfasilitasi UMKM untuk bisa mempromosikan produk atau jasa secara gratis.

Ketua Umum HIPMI Jateng Wulan Rudy Prasetyo menambahkan, Jateng memiliki sesuatu yang luar biasa untuk mendorong perekonomian. Sektor pariwisata misalnya, wisata religi dalam hal ini sangat menarik untuk diangkat lebih jauh.