Event  

Catat 5 Event Rutin Kota Semarang, dari Kuliner Hingga Pertunjukan Seni Tradisional

Event kuliner Semarangan. (Foto: Disbudpar Jateng)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Meski Semarang adalah kota metropolitan, namun tetap saja memiliki sejumlah event rutinan yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan sebagian event rutinan tersebut digelar di sejumlah daerah yang cukup jauh dari perkotaan.

Setidaknya, mengutip dari kalender event Disbudpar Kota Semarang, ada lima event yang bisa Anda catat untuk diikuti. Apa saja?

Kampung Jawi

Yang pertama adalah kampung jawi. Kampung Jawi menjajakan aneka jajanan pasar dengan konsep tradisional Jawa. Lampu sentir, obor, gubuk, alunan musik tradisional dan penjual yang mengenakan pakaian khas Jawa.

Kampung Jawi buka setiap hari mulai sore hingga malam hari. Lokasinya di Jl. Kalialang Lama, Sukorejo, Gunungpati, Kota Semarang. Informasi selengkapnya silakan menghubungi nomor 0857 1207 0343 atau follow Instagram @angkringan_kampungjawi.

Kuliner Kauman Aloon-aloon Masjid Agung Semarang

Untuk pencinta kuliner, silakan merapat ke Aloon-aloon Masjid Agung Semarang tiap akhir pekan sore hingga malam hari. Selain berburu kuliner, pengunjung bisa bersantai menikmati sunset atau suasana keramaian di lapangan hijau. Lokasinya tepat di depan Pasar Johar.

Waroeng Semawis Gang Pinggir

Menikmati keindahan Kota Semarang, khususnya pada akhir pekan, akan semakin lengkap ke Waroeng Semawis di Gang Pinggir, Pecinan. Pasar malam ini menyajikan aneka kuliner dan oleh-oleh khas Semarang.

Wayang Orang Ngesti Pandawa

Tak hanya kulineran, ada juga seni tradisional jawa. Adalah Wayang Orang Ngesti Pandawa hadir setiap Sabtu pukul 20.00-21.30 WIB bertempat di Taman Budaya Raden Saleh Semarang. Pertunjukan ini mengisahkan legenda Mahabarata dan Ramayana yang disajika oleh para seniman.

Wayang Kulit Malam Jumat Kliwon

Di kawasan Taman Budaya Raden Saleh Semarang punya agenda rutin pagelaran Wayang Kulit tiap malam Jumat Kliwon, nih. Banyak pedalang kondang, seperti Ki Manteb Sudarsono, Warseno Slank, dan Ki Enthus Susmono pernah tampil di sini.

Sepanjang tahun 2023, pementasan wayang kulit ini akan hadir pada tanggal-tanggal berikut : 2 Februari, 9 Maret, 13 April, 18 Mei, 22 Juni, 27 Juli, 31 Agustus, 5 Oktober, 9 November, dan 14 Desember.