Serunya Wisata Kebun di Ek-View Agroedupark Kota Semarang

Semarang, banggasemarang.id — Agrowisata atau wisata berkonsep pertanian seringkali identik dengan tempat yang sejuk dan terpencil atau jauh dari pusat kota, serta pricey.

Namun, bayangan ini akan sirna ketika Anda mengunjungi Ek-View Agroedupark yang berada di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Kurang lebih 10 menit dari kota atas, Anda akan langsung disuguhi pemandangan yang menghijau dengan berbagai varietas tanaman buah.

Yudit Krismayarni sebagai pengelola mengatakan, nama Ek-View merupakan singkatan dari Embung Karanggeneng View, diambil dari lokasi yang berada di Dukuh Karanggeneng, Kelurahan Sumurejo, Gunungpati.

Sesuai dengan namanya, Ek-View tidak hanya menawarkan wisata dengan pemandangan kebun buah, tetapi juga fasilitas memancing di embung.

Selain itu, pengunjung juga dapat berwisata naik kuda, mengunjungi green house yang terdiri atas beragam jenis anggrek dan anthurium, belajar membudidayakan tanaman & bercocok tanam melalui hidroponik.

Tak hanya itu, terdapat juga shopping center yang menyediakan berbagai macam kudapan serta sayuran dan buah-buahan lokal. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan di angkringan yang tersedia, bahkan request lagu saat ada live music di akhir pekan.

Ibadi Rohman, salah seorang pengunjung yang datang bersama rombongan SD IT Mutiara Hati Semarang mengatakan bahwa ia & rombongan sangat senang dapat mengunjungi tempat ini.

“Waktu survey, kami sudah merasa cocok dengan tempat ini karena tempat dekat dan terjangkau, ada lahan parkir luas, tempatnya cocok untuk kegiatan outdoor dan ramah anak karena terdapat playground juga. Dan dengan fasilitas untuk outing class, serta aula, bisa pesan makan, harganya ramah di kantong” papar Ibadi.

Ek-View Agroedupark didesain menjadi tempat wisata masyarakat yang tidak hanya terjangkau, tetapi sangat kental dengan kearifan lokal. Bahkan, sejak dibuka pada 18 Desember 2021, Ek-View telah mengadakan beberapa kali Pasar Semi (Setu Minggu) yang melibatkan masyarakat setempat.