Wakil Ketua DPRD Jateng Ajak Masyarakan Revitalisasi Nilai dan Bumikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

SURAKARTA, Banggasemarang.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Quatly Abdulkadir Alkatiri mengajak semua elemen masyarakat untuk merevitalisasi nilai-nilai Pancasila dan membumikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pemasyarakatan dan Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila pada Sabtu (16/4/2022) di Kota Surakarta.

“Kita perlu mencermati Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu selalu merujuk kepada ideologi Pancasila, sehingga kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan, poin-poin itu yang selalu saya sampaikan agar diindahkan semua lapisan masyarakat,”kata Quatly.

Indonesia, kata Quatly adalah negara berketuhanan. Sehingga Agama yang diakui ada 6, dan ada keberagaman agama. “Tentunya kita harus tetap menjaga kesatuan dan kesatuan dalam bhinneka tunggal ika,”jelasnya.

Selain itu, dalam empat pilar kebangsaan juga diterpakan dalam berbagai kehidupan kemasyarakatan.

“Dalam rangka permasalahan sosial di masarakat, menumbuhkan perekonomian yang merujuknya ke Pancasila, disitu ada unsur-unsur keadilan sosial, sehingga Pemerintah harus melindungi rakyatnya,”jelasnya.

Sedangkan peran DPRD, ujarnya, memiliki tiga fungsi yakni legislasi, anggaran dan pengawasan.

Atas dasar itu, Quatly mengajak semua elemen merevitalisasi dan menyadarkan masyarakat tentang nilai Pancasila yang sudah digagas pendahulu.

“Kita disini masanya untuk implementasi dalam kehidupan keseharian kita, menjaga soliditas kebersamaan,”ujarnya.

Selain itu, semangat gotong royong juga menjadi ciri khas masyarakat Indonesia yang harus selalu dipupuk.

“Kita gotong royong saat rakyat terkena musibah COVID-19 kita membantu dengan upaya-upaya yang dilakukan untuk mendorong kembali geliat ekonomi, seperti adanya program KUR dan sebagainya,”pungkasnya.