Diikuti 50 Peserta, Relawan Indonesia Semarang Gelar Pelatihan Rescue Bencana Banjir

SEMARANG – Relawan Indonesia (Relindo) Kota Semarang bekerja sama dengan BMT Anda Kota Semarang menggelar pelatihan rescue bencana banjir yang diikuti 50 peserta pada Ahad (16/1/2022) di Polder Karangroto, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Pembina Relindo Semarang, Solikin dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini diikuti beberapa komunitas dari seluruh Kota Semarang.

“Ada 50 peserta hadir untuk mengikuti pelatihan rescue khususnya untuk bencana banjir, acara yang diadakan oleh Relawan Indonesia untuk kemanusiaan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan relawan menghadapi bencana banjir yang sering terjadi di Kota Semarang dan sekitarnya,”jelas Solikin.

Lebih lanjut, Solikin mengatakan kebutuhan tim rescue bencana alam, terutama banjir sangat diperlukan. Apalagi, kata dia, curah hujan semakin meningkat hingga Februari 2022 mendatang.

“Mengingat curah hujan yang tinggi dan menurut prakiraan cuaca akan mencapai puncak pada bulan Februari mendatang,”jelas Solikin.

Dalam kegiatan itu, para peserta yang hadir mendapatkan pelatihan berupa pengenalan alat dan penggunaannya.

Kemudian teori dan praktek cara pengoperasian perahu baik bersama atau mandiri, teori dan praktek membalikan perahu mandiri, simulasi pencarian korban dalam air dan simulasi penyelamatan korban.

Dalam kegiatan itu, juga dilangsungkan penyerahan satu set perahu karet dengan dayung, helm dan pelampungnya, sebagai simbolis diadakannya sinergi BMT Anda dengan Relindo untuk program kemanusiaan kebencanaan.