Tiga Nama Lain Kota Semarang Yang Wajib Kamu Tahu

Setiap kota di Indonesia atau bahkan di dunia sering memiliki nama lain, terlebih jika kota itu adalah terbilang ibu kota negara atau provinsi. Semarang salah satunya, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini ternyata memiliki beberapa julukan atau nama lain . Sebagian julukan tersebut sudah popular namun mungkin ada sebagian yang lain yang masih kurang dikenal masyarakat. Lantas apa saja nama lain Kota Semarang, berikut ulasannya :

  1. Yang pertama, Kota Semarang disebut juga sebagai Kota Atlas. Julukan yang pertama ini bisa dibilang merupakan nama lain Kota Semarang yang sudah cukup popular di masyarakat. Namun tahukah kamu dari mana nama “Atlas” itu diambil dan apa artinya?.

Ternyata sebutan Kota Atlas dulunya adalah slogan yang digencarkan oleh Muhammad Ismail yang pada waktu itu menduduki sebagai Gubernur Jawa Tengah. Atlas sendiri merupakan singkatan dari Aman, Tertib, Lancar dan Asri, Tentu adanya sloga tersebut merupakan doa sekaligus harapan agar masyarakat mampu mewujudkan dan memelihara hal tersebut.

  • Yang kedua, Kota Semarang sangat popular disebut sebagai Kota Lumpia. Ya, sebutan yang satu ini mungkin yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat Jawa Tengah maupun Indonesia. Pasti sudah banyak yang mengira apa musabab Kota Semarang dijuluki Kota Lumpia.

Menurut beberapa sumber, Kota Lumpia disematkan kepada Semarang karena lumpia dianggap sebagai makanan khas dan paling sering ditemui di Kota Semarang, tentu selain masih banyak makanan khas Kota Semarang yang lain. Lumpia sendiri merupakan makanan hasil akulturasi budaya Tionghoa dan lokal. Isi lumpia saat ini mungkin bisa bermacam-macam dan aneka varian rasa, namun yang original adalah rebung, telur, potongan daging ayam atau udang.

  • Kemudian yang ketiga adalah The Port of Java. Untuk julukan yang ketiga ini mungkin masih jarang yang tahu, hal tersebut bisa disebabkan jarangnya digunakan sebutan tersebut dalam literature, artikel, buku-buku atau media cetak maupun elektronik. Sesuai dengan artinya “The Port of Java” diambil karena memang dulu Kota Semarang merupakan pusatnya aktivitas hilir mudik kapal perdagangan (pelabuhan) di Pulau Jawa.

Kota Semarang pada zaman dahulu sudah dikenal sebagai kota pelabuhan, tempat bersandarnya kapal-kapal dagang dari berbagai daerah. Dan hingga saat ini Kota Semarang juga masih merupakan salah satu tempat pelabuhan besar di Jawa.