Jalan Sriwijaya Kota Semarang Bersiap Dilebarkan

Diunggah dalam postingan akun instagramnya, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengadakan rapat bersama dengan jajarannya dan dinas terkait di sekitaran Jalan Sriwijaya Kota Semarang, Senin (14/12/2020). Agenda tersebut rupanya berkaitan dengan rencana Pemerintah Kota Semarang untuk membangun dan melakukan penambahan jalur di Jalan Sriwijaya.

Sejumlah pejabat Dinas Pekerjaan Umum bersama dengan Hendi tengah membahas upaya mengurangi kepadatan jalur di Jalan Sriwijaya. Dari hasil diskusi dan koordinasi tersebut Hendi menargetkan pada Januari 2021 sudah akan dimulai pembangunan jalur tambahan di Jalan Sriwijaya.

Hendi mengaskan bahwa area yang akan digunakan untuk jalur yang baru sudah dipersiapkan sehingga harapannya akan segera terealisasi proses pembangunan lebih cepat.

“Hari ini saya mengajak sedulur-sedulur PU untuk bersama mengecek kondisi lapangan, sekaligus menekankan untuk proyek ini dapat dimulai di awal tahun 2021,” terang Hendi.

Pihaknya menambahkan bahwa semakin cepat program penambahan jalur ini dilakukan maka akan semakin mudah akses keluar masuk jalan bagi masyarakat  sekitar.

“Selain mengurai kepadatan, semakin cepatnya pembangunan dilakukan akan lebih mempermudah akses keluar masuk masyarakat sekitar,” imbuhnya. Hal tersebut mengingat ada jalur yang digunakan lalu-lalang masyarakat sekitar yang kondisinya belum tergarap.

Untuk rencana alokasi anggaran sendiri nantinya penambahan jalur di Jalan Sriwijaya akan menelan biaya sekitar Rp 10 miliar. Hendi menekankan bahwa program ini penting untuk menjadi perhatian karena merupakan salah satu program prioritasnya di tahun 2021.

Sementara itu Suriyaty selaku Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Semarang menjelaskan pembangunan jalur baru nantinya akan dilakukan dengan lebar 4,5 meter hingga 9 meter. Suryaty menambahkan bawah jalur lama yang sudah ada nantinya akan digunakan untuk satu arah yaitu menuju Jalan Pahlawan. Kemudian untuk jalur yang baru akan digunakan laju kendaran yang ke arah pertigaan Singosari.

“Menuju ke pertigaan Singosari akan menggunakan lajur baru yang akan dibangun ini. Saat ini tinggal pengerjaan fisiknya saja, lahannya sudah siap, desainnya juga sudah ada,” tambah Suriyaty

Selain itu, Kepala Dinas PU Kota Semarang, Sih Rianung menerangkan, pihaknya siap dan juga pembangunan jalur yang baru nantinya akan dilakukan secara swakelola.