Dongkrak Sektor Wisata, Semarang Bakal Punya Bus Amfibi

Walikota  Semarang 2020 yang sudah hampir dipastikan bakalan melaju juga ke periode kedua, Hendrar Prihadi mengungkapkan akan adanya Bus Amfibi di Kota Semarang, Kamis (10/12/2020). Sebelumnya terkait akan adanya Bus Amfibi sudah sempat diposting di akun instagram Walikota Semarang.

Hendi sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa dengan adanya River Bus atau Bus Amfibi nantinya diharapkan akan mendongkrak sektor wisata di Kota Semarang. Untuk pengadaan bus sendiri, pihaknya akan mulai membahas pada tahun 2021.

“Kita lihat animo masyarakat kalau setahun dua tahun ini lancar dan baik maka di tahun 2021 nanti kita mulai anggarkan pengadaan river bus itu,” terang Hendi.

Ditambahkan bahwa ke depan pihaknya memang berkomitmen dan serius dalam menggarap sektor wisata di Kota Semarang. Maka untuk hal tersebut dibutuhkan inovasi demi memajukan sektor wisata itu sendiri. “Karena yang jelas kita sedang bekerja keras untuk meningkatkan sektor pariwisata,” imbuhnya.

Kemudian terkait konsep rute River Bus nantinya juga akan melalui rute-rute kawasan wisata baik itu di darat, sungai maupun laut. Hendi menjelaskan bahwa rute seperti Sampokong, Lawang Sewu kemudian masuk ke laut dan menyisiri kawasan wisata pesisir termasuk kemungkinan melalui Banjir Kanal Barat atau Timur.

“Kalau menurut saya, ada dua alternatif, turunnya di (pantai) Marina, lalu menyisir naik lagi di Banjir Kanal Timur, karena di Banjir Kanal Barat itu ada Jembatan Arteti yang di sini dia akan susah lewat. Nanti kalau melintas di sana Bus akan naik dulu baru nanti akan turun lagi. Tapi ini lagi didiskusikan kawan-kawan,”  ungkapnya lebih lanjut.

Sementara itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, menurut penuturan Hendi, telah menganggarkan dana pada kisaran Rp 15 miliar untuk pengadaan Bus Amfibi tersebut.

“Estimasi anggaran untuk River Bus ini sekitar Rp 14 atau Rp 15 Miliar, nanti Disbudpar yang memastikan,” jelas Hendi memastikan ke publik bahwa pihaknya serius dalam hal ini.

Sebelumnya Hendi memang sudah dikenal dengan kebijakan-kebijakannya seputar revitalisasi objek wisata di Kota Semarang. Seperti keberhasilannya memperbarui penampilan kawasan Kota Lama Semarang, sehingga menjadi hits di kalangan milenial, termasuk berhasil meraih penghargaan.