Ribuan Peserta Berlaga di 7 Cabang Lomba di Kemwil IX Sako Pramuka SIT Jateng

hari pertama kegiatan Kemwil IX, perwakilan peserta dari masing-masing pangkalan mengikuti perlombaan dalam Ragam Gelar Prestasi.

Hari pertama gelaran Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah diramaikan dengan berbagai lomba dalam Ragam Gelar Prestasi, Senin (14/10/2024) di Bumi Perkemahan Specta Merbabu

SEMARANG, Banggasemarang.id — Hari pertama gelaran Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah diramaikan dengan berbagai lomba dalam Ragam Gelar Prestasi, Senin (14/10/2024) di Bumi Perkemahan Specta Merbabu, dan Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang.

Ketua Panitia Kemwil IX, Widiyanto menyampaikan bahwa hari pertama kegiatan Kemwil IX, perwakilan peserta dari masing-masing pangkalan mengikuti perlombaan dalam Ragam Gelar Prestasi.

“Ada beragam lomba gelar prestasi yang diikuti oleh perwakilan masing-masing pangkalan gugus depan/sekolah, baik untuk penggalang SD maupun SMP putra dan putri. Lomba Cerdas Cermat Islami (LCCI), Panahan, Semaphore Morse, Tahfidz, Teknologi Tempat Guna, Hasta Karya, dan Lomba Vlog,” terang Widiyanto.

“Kita berharap dengan kegiatan Ragam Gelar Prestasi semakin meningkatkan daya kompetisi peserta, baik dalam pengetahuan Islam, kemampuan menghafal Al-Quran, skill kecakapan keterampilan, kreativitas dan kolaborasi, maupun dalam pemanfaatan teknologi tepat guna. Adapun total peserta Kemwil ini adalah 2.481 peserta,” lanjut Widiyanto.

Ternyata kegiatan Ragam Gelar Prestasi ini mampu memacu adrenalin peserta untuk berkompetisi secara jujur dan fair.

Salah satu peserta lomba hasta karya dari Pangkalan Gugus Depan SDIT Nur Hidayah Surakarta, Syakira Hanin Daiyyah, menyampaikan rasa senangnya dapat berkreativitas membuat hasta karya.

“Senang ikut lomba hasta karya. Lombanya unik dan menantang. Membuat kostum pasukan janeserri Muhammad Al Fatih. Saya buatnya dari barang (kardus) bekas. Melatih kreativitas sembari menyelami inspirasi-inspirasi dari tokoh Islam legendaris, penakluk konstantinopel,” terang Syakira.

Ketua Pimpinan Sako Pramuka SIT Jawa Tengah, Kak Priyono menyampaikan agenda Kemwil di hari pertama.

“Hari pertama difokuskan untuk perlombaan antar pangkalan gugus depan baik di jenjang SD maupun SMP. Malam harinya, peserta akan menikmati Konser Kemanusiaan Peduli Palestina bersama Group Nasyid Azzam Haroki. Adapun upacara pembukaan Kemwil IX akan dilaksanakan pada hari kedua, Selasa (15/10) di Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang,” terang Kak Priyono.