Angkringan Blendoek Gajahmada, Tempat Nongkrong dan Kulineran Ikonik di Semarang

SEMARANG, Banggasemarang.id – Angkringan Blendoek Gajahmada Semarang telah menjadi fenomena nongkrong yang ikonik di kota Semarang, mempertahankan keberadaannya sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Tempat ini dengan pantas dinobatkan sebagai “IKON KULINER KOTA SEMARANG.” Berlokasi awalnya di kawasan wisata Sejarah Kota Lama, tepatnya di Jalan Letjen Suprapto samping GPIB Immanuel (Gereja Blendoek Semarang), Angkringan Blendoek semakin populer seiring waktu.

Nama “Blendoek” dipilih karena lokasinya yang berdekatan dengan Gereja Blendoek, dan dipertahankan agar mudah diingat oleh para pengunjung. Angkringan Blendoek Semarang tidak hanya dikenal di kalangan pecinta kuliner setempat, tetapi juga mendapat perhatian dari pengunjung wisata kota lama, bahkan turis mancanegara.

Pada tahun 2016, Angkringan Blendoek pindah ke Museum Mandala Bakti Tugumuda Semarang, kemudian pada tahun 2018 berpindah lagi ke Jl. Gajahmada no 138 Semarang, di mana kini tetap beroperasi. Tempat ini tidak hanya menjadi tempat nongkrong bagi masyarakat umum, tetapi juga sering dikunjungi oleh artis ibu kota dan pejabat daerah, termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Angkringan Blendoek menawarkan beragam menu kuliner yang lezat, menjadikannya tempat yang nyaman untuk nongkrong. Dengan pilihan menu nasi bungkus, sate, gorengan, dan jajanan pasar lainnya, para pelanggan sering kembali untuk menikmati variasi menu yang disajikan. Hiburan musik live akustik setiap harinya juga menambah kenyamanan pengunjung selama berada di sana.

Menu andalan angkringan meliputi nasi bungkus dengan berbagai pilihan rasa, sate-satean, gorengan, dan berbagai menu jajanan pasar. Angkringan Blendoek juga menawarkan berbagai minuman tradisional seperti wedang jahe rempah, wedang uwuh, teh tarik, dan minuman wedangan lainnya.

Selain menu dari Angkringan Blendoek, di sekitar area tersebut juga terdapat beberapa outlet kuliner lain seperti Otlet Pawon Dusun dengan menu makanan tradisional, Otlet Warung Makan Gaembull yang menyajikan makanan All You Can Eat ala masakan Korea-Jepang, Vins Kopi, dan beberapa outlet kuliner lainnya.