Es Puter Cong Lik, Es Krim Legendaris Asli Semarang

Jika ditanya tentang rekomendasi kuliner Kota Semarang, tahu gimbal atau lumpia mungkin sudah biasa. Apakah ada rekomendasi tambahan yang mungkin menjadi ciri khas Kota Semarang?

Jawabannya ada. Cobalah untuk mengunjungi kedai Es Puter Conglik. Sebuah kedai es puter yang bersejarah di Semarang. Tempatnya terletak di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Karangkidul, Semarang Tengah.

Es puter ini dibuka pada malam hari, yang mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun, ketika Anda mengetahui bagaimana kelezatan rasanya, Anda akan merasa kuliner ini cocok dinikmati kapan pun. Hal ini karena rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Es Conglik

Es puter ini telah ada sejak tahun 1982. Pencetusnya sendiri bernama Sukimin, yang sebelumnya dikenal sebagai “kacung cilik”, karena sejak kecil ia sudah bisa mencari uang sendiri. Ketika ia berjualan, banyak orang yang kemudian menyebutnya “conglik”. Dulu ia sering berjualan disekitar Pecinan sambil membawa gerobak sedari kecil.

Saat ini, Es Cong Lik dilanjutkan oleh generasi kedua, yaitu anaknya. Es ini terdiri dari beberapa varian es puter, dua potong roti, biji mutiara, dan kelapa. Esnya masih diproduksi secara tradisional untuk mempertahankan cita rasa dan tekstur yang asli.

Sementara itu, metode pembuatan dan resepnya dari es ini merupakan warisan dari salah satu orang Belanda yang pernah ia kenal sebelumnya.

Perbedaan Es Puter dengan Es Krim Modern

Ada hal utama yang membedakan es puter khas Semarang ini dari berbagai jenis es krim modern yang sering ditemui sekarang, yaitu metode pembuatannya yang masih tergolong tradisional.

Dimana, bahan-bahan dari es krim tersebut dimasukkan ke sebuah tabung besar, kemudian sisi tabung tersebut diberi garam krosok agar lebih awet dinginnya.

Selain itu, jika es krim biasa menggunakan campuran tepung, maka es puter ini tidak. Bahan-bahannya juga terbuat dari kelapa dan gula asli.

Varian Es Puter Semarang

Ada empat varian yang dapat Anda pesan. Mulai dari cokelat, alpukat, kelapa, hingga durian. Anda juga dapat mencampurkan dua varian sesuai dengan keinginan.

Rasanya juga tidak kalah dengan es krim modern. Dengan cara pembuatannya yang tradisional, es puter ini memberikan tekstur yang agak kasar ketika dikunyah memberikan sensasi yang unik ketika dinikmati. Kelembutan es ini akan terasa meleleh dan lezat di mulut dengan tingkat manis yang pas.

Berbagai toping juga turut menambah kelezatan es puter yang satu ini. Porsinya pun cukup besar, baik untuk es maupun toping yang sangat beragam. Mulai dari mutiara, roti, hingga sirup. Bahkan, pembeli juga dapat meminta tambahan durian, tentunya dengan membayar toping yang dipilih.

Tertarik untuk datang ke sini? Silahkan untuk mengunjungi kedainya setelah pukul 6 sore sampai jam 11 malam. Jika akhir pekan tiba, pengunjungnya akan sangat banyak. Oleh karena itu, disarankan untuk datang sekitar jam 6 atau 7 malam, setelah kedai es puter ini mulai beroperasi. Satu porsi es puter conglik dihargai 20 ribu hingga 30 ribu sesuai dengan verian yang diinginkan.