Kamu Harus Tahu, Ini Tiga Keunikan Kota Semarang

Untuk kamu yang sudah pernah berkunjung ke Semarang pasti sudah tidak asing dengan beberapa keunikannya. Tentu banyak versi unik menurut kalian masing-masing, mungkin karena di Kota Semarang banyak terdapat destinasi wisata khas tempo dulu dan juga kaya akan akulturasi budaya. Lalu apa saja keunikan kota yang disebut juga Venentie Van Java ini, yuk kita cari tahu.

  1. Kota Benteng

Kota Semarang dikenal sebagai Kota Benteng satu-satunya di Asia Tenggara.

Kalian yang sudah travelling ke Kota Semarang pasti sudah pernah lewat lawasan Kota Lama. Ya, kawasan tersebut disebut sebagai Kota Benteng. Meski secara kasat mata bentuk bentengnya sudah sulit terlihat secara utuh.

Menurut tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta, benteng tersebut dibangun pada tahun 1760-an sebagai bentuk pertahanan area Kota Lama. Ditambahkan, Krisprantoro selaku Tim Ahli Cagar Budaya Jawa Tengah menjelaskan Kota Benteng di Semarang merupakan satu-satunya di kawasan Asia Tenggara.

2. Memiliki Banyak Destinasi Wisata Sejarah

Pasti sudah sering dijumpai untuk kalian yang sudah pernah keliling Kota Semarang. Kalian pasti akan menemukan pemandangan eksotik bernilai sejarah, seperti Kota Lama, Lawang Sewu, area Stasiun Poncol dan Tawang serta kawasan pecinan dan yang lainnya. Bukan Cuma itu ternyata di Kota Semarang juga ada Museum Ronggowarsito yang didalamnya menyimpan banyak barang penginggalan sejarah.

3. Berlimpahnya Wisata Kuliner

Yup, untuk kalian yang doyan makan sepertinya layak bahkan harus  berkunjung ke Kota Semarang. berbagai jenis aneka makanan khas Semarang seperti Lumpia, Tahu Gimbal, Wingko Babat sampai makanan khas budaya luar seperti China dan Arab akan mudah dijumpai. jadi jangan sampai terlewatkan untuk berwisata sekaligus mencicipi kuliner khas Kota Semarang, dijamin nggak buat kamu nyesel.