Respon Serba Daring, Kemenag Jateng Merilis Portal Pembelajaran Online

Foto : Suara Merdeka

Sebagai bagian dari menjawab tantangan kondisi pandemi yang serba online, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Tengah meluncurkan portal pembelajaran e-link PAI Jateng. Portal tersebut tidak lain bertujuan untuk memfasilitasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam melaksanakan tugas mengajar.

Selain itu, portal tersebut juga dapat digunakan untuk pengawas sekolah dalam melaksanakan agenda supervisi pendidikan di sekolah binaannya. Mustain Ahmad selaku Kepala Kanwil Kemenag Jateng sangat mengapresiasi adanya portal tersebut sebagai salah satu program unggulan Bidang Pendidikan Agama Islam, Kanwil Provinsi Jateng.

“Saya sampaikan terimakasih dan selamat kepada Bapak Imam Buchori yang telah membuat amalan unggulan berupa e-link PAI Jateng” terang Mustain pada saat acara Konsinyering Penyelesaian Pembayaran TPG PAI Non PNS Tahun 2020 yang diselenggarakan di Hotel Grand Wahid Salatiga pada Senin-Rabu (16-18/11).Imam Buchori sendiri yang menjabat sebagai Kabid PAI Kanwil Provinsi Jateng mengungkapkan bahwa inovasi dalam dunia pendidikan perlu diseimbangkan. Terlebih pada masa pandemi covid 19 seperti ini, berbagai upaya dalam melayani kebutuhan pendidikan di masyarakat harus ditingkatkan.

Pihaknya menyampaikan bahwa layanan tersebut ada, sebagai sarana untuk memudahkan peserta didik khususnya dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, karena tidak mengenal batas tempat dan waktu. Semua unsur dalam proses pendidikan seperti guru maupun siswa dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK dapat mengakses portal tersebut.

Portal tersebut didesain agar pembelajaran berlangsung interaktif dan menarik sehingga mampu mengurangi kejenuhan saat pembelajaran. “Fitur-fitur interaktif seperti menu diskusi, fasilitas teleconference untuk guru dan peserta didik tersedia di portal ini” imbuh Imam. Dengan demikian, Imam berharap bahwa pembelajaran tatap muka yang saat ini terbatas tiga jam di kelas dapat teratasi. Asal memiliki gawai, peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran kapanpun dan dimanapun, tanpa ada batasan jarak serta waktu. Porta e-link PAI Jateng ini juga memiliki fitur buku digital, baik buku mata pelajaran maupun referensi keagamaan Islam lainnya, termasuk adanya video pembelajaran yang tersemat di dalamnya. “Dengan begitu, guru maupun peserta didik dalam melaksanakan literasi dapat dilakukan secara digital.

Ke depan portal ini akan terus dikembangkan secara lebih baik menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan peserta didik maupun guru” ungkap Imam.Pihaknya berharap dengan hadirnya portal pembelajaran tersebut mampu membantu sekolah-sekolah di Jawa Tengah khususnya dalam mata pelajaran PAI. Adapun untuk mendapat layanan tersebut masyarakat dapat mengaksesnya di alamat “elinkpaijateng.com”.