Kantah Kota Semarang Tingkatkan Kinerja Melalui Evaluasi Bersama

Rudi Prihantoro menegaskan bahwa pihaknya siap bekerja profesional dan berinovasi untuk menyukseskan program-program tersebut.

Kantor Pertanahan Kota Semarang berkomitmen penuh untuk meningkatkan pelayanan pertanahan. Hal ini ditegaskan dalam rapat evaluasi kinerja secara daring yang diikuti oleh seluruh Kantor Pertanahan se-Jawa Tengah pada 2 September 2025.

SEMARANG, Banggasemarang.id – Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Semarang mengikuti rapat evaluasi kinerja Kantor Pertanahan se-Jawa Tengah secara daring pada Selasa, 2 September 2025.

Rapat yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Tengah, Lampri, bertujuan untuk menyelaraskan arah kebijakan dan meningkatkan kinerja seluruh Kantor Pertanahan di wilayah tersebut, termasuk Kantah Kota Semarang, melalui delapan program strategis.

Rudi Prihantoro, Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang, hadir didampingi pejabat pengawas untuk menunjukkan komitmen dalam mendukung program-program tersebut. Delapan program strategis yang dibahas mencakup berbagai aspek penting dalam layanan pertanahan.

Program-program tersebut, antara lain, memaksimalkan penyerapan anggaran secara efektif dan tepat sasaran, menginventarisasi tanah Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Guna Usaha (HGU) yang akan atau telah berakhir, serta mengidentifikasi tanah telantar.

Selain itu, rapat ini membahas percepatan penerbitan sertifikat wakaf dan penyelamatan aset, serta percepatan penyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan pemetaan bidang tanah KW 4, 5, 6. Program ini bertujuan untuk menciptakan data pertanahan yang lengkap dan terintegrasi di setiap daerah.

Pembahasan juga meliputi percepatan penyelesaian tujuh layanan prioritas dan tunggakan layanan, penguatan implementasi komunikasi strategis (Strakom) agar informasi program dan kebijakan pertanahan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, serta penyediaan akses tanah yang adil melalui konsolidasi dan pengadaan tanah.

Rudi Prihantoro menegaskan bahwa pihaknya siap bekerja profesional dan berinovasi untuk menyukseskan program-program tersebut.

“Delapan program strategis ini menjadi acuan kami untuk memperkuat pelayanan pertanahan di Kota Semarang,”tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya siap menjaga integritas demi kepentingan masyarakat. Melalui evaluasi ini, Kantah Kota Semarang optimis dapat meningkatkan kinerja dan mempercepat layanan, demi mendukung target yang ditetapkan oleh Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah.