Berita  

AISEC Semarang Luncurkan Platform Social Enterprise Untuk Pemuda

Foto : http://hipwee.com

Era industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat untuk mampu beradaptasi dan menjawab segala permasalahannya. Dibutuhkan inovasi yang terus menerus yang perlu digencarkan agar masyarakat tidak semakin tertinggal. AISEC sebagai organisasi pemuda internasional yang banyak digawangi oleh mahasiswa belum lama ini meluncurkan platform social enterprise bernama “Kita Pulang”. Platform tersebut hadir sebagai bentuk kontribusi pemuda dalam hal pembaharuan inovasi di Indonesia.Kita Pulang merupakan program untuk meningkatkan pemahaman terkait social enterprise, termasuk membantu dalam membangun gerakan wirausaha sosial (social enterprise). Hal tersebut merupakan upaya menyelesaikan permasalahan sosial sebagaimana yang tercantum dalam 17 prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan.

Untuk delegasi Kita Pulang sendiri meliputi seluruh pemuda dari tanah air yang harapannya dapat memberikan solusi dan mendorong pergerakan kepemudaaan setelah pulang ke daerah asalnya nanti.

Program tersebut juga berkolaborasi dengan Gmedia yang mempunyai banyak mitra dalam membantu meramaikan acara. Agenda dengan tema “Penggerak Pemuda Dalam Pengembangan Melalui Edukasi: Social Enterprise” diusung mengingat Kita Pulang 2020 akan berkaitan dengan sisi ekonomi dan pendidikan.Seluruh rangkaian program yang diadakan secara virtual tersebut (7/11/2020) menyadari bahwa permasalahan perekonomian rakyat apabila dibiarkan akan berdampak pada permasalahan sektor yang lain. Oleh karenanya edukasi mengenai social enterprise kepada kaum muda di seluruh Indonesia akan terus digencarkan.

Terdapat tiga rangkaian program dalam Kita Pulang 2020 yaitu Pre Program, Main Program, dan Post Program. Pada rangkaian agenda tersebut, delegasi akan mendapatkan materi berupa social enterprise, bisnis dasar dan kepemimpinan serta cara mendefinisikan permasalahan sosial. Tujuannya jelas, agar para delegasi mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan soal social enterprise sebelum nantinya mampu menciptakan ide terkait social enterprise itu sendiri. Puncak acara Kita Puang 2020 yakni Future Sociopreneur Night yang terdiri dari opening speech, sesi materi, awarding dan sesi materi penutup.

Acara dihadiri beberapa pembicara yaitu oleh Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos (Wakil Walikota Semarang), Drs. Petrus Bono Listiyanto, MM (Kasi Pengembangan Kepemudaan DISPORAPAR Jateng), Putri Komarudin (Anggota DPR RI Komisi XI Partai Golkar), dan Angelo Wijaya (Consultant at World Bank Group), serta dimoderatori oleh Laurensia Gustiani (Panitia Program Kita Pulang 2020). Pada acara tersebut disampaikan bahwa pentingnya peran pemuda mengingat bonus demograsi yang hampir 25 persen penduduk Indonesia adalah merupakan generasi muda dan mencapai puncaknya pada tahun 2030. Lebih lanjut, Naomi selaku project manager Kita Pulang 2020 dalam sambutannya mengungkapkan semoga Kita Pulang mampu menjadi inspirasi bagi kaum muda. “Dengan adanya Kita Pulang, kami berharap para pemuda bisa pulang ciptakan inovasi dan buat perubahan daerahnya masing-masing, Karena rumah kalian butuh kalian” terangnya.