Wisata  

Brown Canyon Semarang, Keindahan Tersembunyi di Jantung Jawa Tengah

SEMARANG, Banggasemarang.id – Selain sebagai kota bersejarah yang menggoda, Kota Semarang juga merahasiakan keindahan alamnya yang eksotis. Tersembunyi di antara riuh rendah kota, objek wisata alam yang cukup hits di kalangan anak muda telah mencuri perhatian: Brown Canyon Semarang.

Terletak di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Brown Canyon tampak berbeda dengan obyek wisata populer lainnya seperti Lawang Sewu, Kota Lama, atau Museum Ranggawarsita yang berada di pusat kota. Sebaliknya, lokasi Brown Canyon berada di tempat yang terpencil.

Perjalanan menuju ke obyek wisata ini bisa dibilang cukup jauh. Para pengunjung akan dihantarkan melewati hamparan ladang bercadas yang memikat hati.

Awalnya, kawasan ini adalah bekas tambang pasir yang masih beroperasi hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini bermetamorfosis menjadi sesuatu yang tak terduga. Galian C yang telah berlangsung selama satu dekade lebih akhirnya mengubahnya menjadi sesuatu yang mirip dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

Brown Canyon Semarang menampilkan tebing-tebing menjulang tinggi, dan pepohonan tampak berdiri di puncaknya. Pemandangan ini menjadi pesona alam yang memukau.

Sebagai obyek wisata yang tidak dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pihak swasta, fasilitas di sekitarnya memang cukup terbatas. Sehingga, para wisatawan dianjurkan untuk membawa keperluan pribadi ketika berkunjung ke sini.

Namun, satu hal yang pasti, untuk menikmati keindahan Brown Canyon Semarang, Anda tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuk atau biaya htm. Namun, terkadang para tukang parkir liar akan meminta tarif parkir sekitar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Mengunjungi Brown Canyon Semarang adalah pelarian yang sempurna dari hiruk-pikuk keseharian. Objek wisata alam ini menawarkan kesejukan alam dan panorama eksotis yang patut dijelajahi, menjadikannya destinasi wajib bagi pecinta petualangan dan pencinta alam.