Wisata  

Waduk Jatibarang Semarang, Perpaduan Pesona Alam dan jejak Sejarah Kanjeng Sunan

Waduk Jatibarang Semarang
Waduk Jatibarang Semarang

Waduk Jatibarang Semarang bisa menjadi destinasi pariwisata alternatif yang unik dan cantik untuk dikunjungi bersama keluarga. Pemandangan dari waduk ini terlihat sangat memikat dengan pulau kecil di tengah danau yang dihubungkan dengan jembatan.

Waduk ini juga menjadi tempat tinggal dari ratusan kera ekor panjang serta menyimpan sejarah menarik untuk dipelajari. Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Waduk Jatibarang, keseruannya juga tidak kalah dengan tempat pariwisata di Semarang lainnya.

Anda dapat mengunjungi Waduk ini kapan saja dan dengan siapa saja. Namun sebelum berkunjung, baiknya perhatikan terlebih dahulu apa saja hal menarik yang dapat Anda lakukan di Waduk Jatibarang.

Sejarah Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang mulai dibangun pada tanggal 15 Oktober 2009 untuk menghindari banjir yang sering terjadi di Semarang. Awal pembuatan tanggul ini dimulai sejak tahun 1992 hingga 1993 dengan ide awal sebagai tanggul serbaguna.

Pembangunan waduk ini membutuhkan biaya sekitar Rp 655 miliar dan dikerjakan oleh perusahaan dari Jepang, Japan International Cooperation Agency (JICA). Waktu yang diperlukan untuk pembangunan tanggul ini sekitar 4 tahun dan mulai terisi air pada tanggal 5 Mei 2014.

Fungsi dari waduk yang membendung sungai kreo ini juga dimanfaatkan untuk pengairan wilayah Semarang serta menjaga daerah aliran sungai. Pada bagian waduk juga dipasang turbin sebagai pembangkit listrik mikro hidro dengan produksi listrik sekitar 1.5 kW.

Luas total kawasan Waduk Jatibarang mencapai 189 hektar dengan luas permukaan air sekitar 54 km persegi. Bendungan ini dapat menampung volume air hingga 20.4 juta meter kubik dengan kecepatan alir 1.050 Liter per detik.

Di tengah waduk Anda bisa melihat sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Goa Kreo. Tempat ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang membentang dari tepian hingga ke pulau, sehingga pengunjung bisa dengan mudah menyeberang.

Waduk ini menyimpan banyak kisah dan daya tarik yang menjadikannya salah satu tempat wisata menarik di Semarang. Anda dapat mengunjungi Waduk Jatibarang dan melakukan berbagai kegiatan menarik bersama keluarga.

Ide Aktivitas di Waduk Jatibarang

Terdapat banyak kegiatan menarik bagi Anda dan keluarga untuk menikmati kecantikan pesona waduk Jatibarang Semarang. Beragam aktivitas tersebut antara lain:

Berkeliling Menikmati Pemandangan

Waduk Jatibarang tidak hanya berperan sebagai sarana penanggulangan banjir di Semarang tetapi juga sebagai tempat rekreasi. Pemandangan cantik dari sekitar waduk ini menjadi salah satu daya tarik utama banyaknya wisatawan yang datang.

Kapal-kapal kecil hingga speedboat milik penduduk sekitar dapat Anda sewa untuk berkeliling. Dari atas kapal Anda bisa menyaksikan pemandangan cantik Waduk ini dari sudut yang berbeda.
Gunung dan bukit yang mengelilingi kawasan waduk tampak seperti sebuah benteng hijau yang kuat dan memukau. Namun dari semua pemandangan, keindahan Waduk ini terlihat semakin mempesona saat senja.

Langit yang berwarna oranye dengan matahari yang terlihat bulat, terpantul cantik di tenangnya air waduk. Momen indah ini selalu dinanti-nantikan wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sekitar Waduk Jatibarang.

Mengunjungi Goa kreo

Gua Kreo juga menjadi daya tarik Waduk Jatibarang dengan keunikan dan cerita sejarah yang menyelimutinya. Pulau ini menjadi rumah bagi ratusan kera yang diyakini masyarakat merupakan keturunan dari empat dewa kera penolong Sunan Kalijaga.

Salah satu gua di pulau kecil ini konon merupakan tempat Sunan Kalijaga duduk atau bertapa. Anda dapat menjelajahi Pulau Goa Kreo dengan berjalan kaki sembari berinteraksi dengan monyet liar yang ada di sana.

Sambil jalan-jalan, Anda juga bisa mempelajari sejarah dan cerita rakyat yang berkaitan dengan Goa Kreo, monyet, dan Sunan Kalijaga. Suasana pulau yang asri dan jalur jalan kaki yang mudah dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk Anda berlibur.

Untuk sampai ke Goa Kreo, Anda harus menyeberangi waduk dengan jembatan. Dari jembatan ini, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan waduk Jatibarang dan perkampungan di sekitarnya.

Memancing

Kegiatan yang juga bisa anda lakukan di waduk ini tentunya adalah memancing. Pengelola telah melepasliarkan berbagai jenis ikan air tawar di kawasan dasar danau agar dapat menjaga ekosistem alam di sekitarnya.

Anda bisa menyewa perahu untuk membawa Anda ke tempat memancing di tengah danau atau Anda juga bisa memancing dari tepi waduk. Ikan yang tertangkap di sini biasanya ikan nila, bawal, gabus, namun ikan asli di dasar danau adalah alang-alang kapas.

Dari semua jenis ikan yang ada, kakap putih, lele, dan bawal adalah yang paling sulit ditemukan. Meski begitu, pengalaman memancing di waduk ini bisa menjadi yang terbaik dari liburan Anda.

Berfoto

Waduk Jatibarang juga dikenal sebagai tempat wisata fotografi kekinian karena memiliki banyak spot fotografi yang menarik. Salah satu tempat paling populer adalah tempat fotografi negeri awan di mana Anda dapat berpose seolah-olah berada di awan.

Selain itu, banyak juga wisatawan yang berfoto di area jembatan gua Kreo. Di tempat ini banyak monyet yang berkeliaran dan menjadi salah satu objek fotografi menarik yang bisa Anda foto.

Menikmati Kuliner

Di sekitar Waduk Jatibarang juga terdapat banyak rumah makan yang menjual menu yang bervariasi dan enak. Anda bisa mencoba sajian khas Semarang atau modern yang pasti menggugah selera.
Selama perjalanan, Anda juga bisa menjumpai deretan toko yang menjajakan aneka oleh-oleh khas Semarang yang dapat dibawa pulang. Dengan fasilitas tersebut, pengalaman berwisata di waduk ini akan semakin lengkap dan nyaman.

Harga Tiket Waduk Jatibarang

Untuk masuk dan menikmati keindahan Waduk Jatibarang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Hanya dengan uang beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa mengunjungi waduk ini.

  • Tiket masuk waduk Rp 5.000
  • Tiket masuk Goa Kreo weekdays Rp 6.500
  • Tiket masuk Goa Kreo weekend Rp 8.000
  • Sewa perahu Rp 60.000 – Rp 100.000

Harga yang tercantum dapat berubah tergantung kebijakan pengelola. Namun, dapat dijadikan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi Waduk Jatibarang.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang terletak di Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. Jaraknya sekitar 14 km dan memakan waktu kurang dari 30 menit dengan mobil.

Anda dapat menemukan rute terbaik menuju Waduk Jatibarang menggunakan Google Maps yang akan mengarahkan Anda dari titik awal. Anda juga bisa memanfaatkan jasa supir rental atau perusahaan tour yang siap mengantarkan Anda ke waduk ini.

Jam operasional

Keindahan Waduk Jatibarang bisa Anda nikmati mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi waduk ini adalah pada pagi atau sore hari.