Jateng  

Tak Ada Korban Jiwa Akibat Laka Kereta Api Tabrak Truk Tronton Mogok di Kota Semarang, Sopir dan Kernet Truk Selamat

DETIK-DETIK KERETA TABRAK TRUK. Kereta Api brantas menabrak truk tronton mogok di perlintasan sebidang Madukoro Kota Semarang pada Selasa malam. (Foto: CCTV istimewa)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Kecelakaan lalu lintas Kereta Api 112 Brantas tujuan Jakarta-Blitar menabrak sebuah truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang apda Selasa (18/7/2023) pukul 19.32 WIB

Dari lokasi kejadian, terlihat bagian lokomotif kereta penumpang tersebut  terhenti di jembatan yang letaknya di perlintasan itu. Jembatan itu merupakan rel kereta yang menyeberangi banjir kanal barat di Kota Semarang.

KA menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah utara ke selatan. Sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak kepala truk.

Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dalam keterangannya kepada wartawan di lokasi kejadian mengatakan tidak ada korban jiwa akibat laka lantas ini.

Hanya saja, kata dia, seorang penumpang kereta api mengalami luka-luka.

“Untuk korban jiwa tidak ada akibat kejadian ini, namun ada satu (penumpang KA) yang terluka karena melompat dari kereta api,”kata Kapolrestabes.

Lebih lanjut, Kapolrestabes mengatakan jajarannya bersama pengamanan dari PT KAI saat ini berupaya mengevakuasi gerbong yang melintang di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Kita berupaya mengevakuasi gerbong yang tadi melintang di TKP, kemudian langkah berikutnya akan menggeser tronton yang melintang di TKP, kemudian  menggeser lokomotif yang sekarang menggantung di atas banjir kanal barat,”jelasnya.

Untuk pengemudi dan kernet truk trailer, Kapolrestabes mengatakan keduanya selamat saat kejadian karena beberapa saat sebelum kejadian turun dari kendaraan. Sementara masinis Kereta Api Brantas tersebut dikabarkan juga selamat.