Kembali Digelar, Jateng Fair Diharapkan Raih Transaksi Hingga Rp200 M

Menurutnya, ajang tersebut harus dimanfaatkan betul tidak hanya oleh pelaku usaha. Pemerintah daerah juga diharap ikut berpromosi terhadap potensi di wilayahnya.

Gus Yasin, sapaan wagub, saat membuka Jateng Fair 2023, di kompleks PRPP Kota Semarang, Jumat (30/6/2023) malam. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Setelah tiga tahun absen karena pandemi Covid-19, ajang Jateng Fair kembali digelar. Dibuka Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, kegiatan yang menargetkan transaksi Rp200 miliar ini diharap mengungkit ekonomi usai diombang-ambing wabah Corona.

“Saya yakin ini bisa mengungkit perekonomian Jateng. Banyak warga, pengusaha yang bilang kepada saya, yang senang ajang ini diadakan, karena ini sebagai promosi untuk pengusaha besar dan UMKM,” ujar Gus Yasin, sapaan wagub, saat membuka Jateng Fair 2023, di kompleks PRPP Kota Semarang, Jumat (30/6/2023) malam.

Menurutnya, ajang tersebut harus dimanfaatkan betul tidak hanya oleh pelaku usaha. Pemerintah daerah juga diharap ikut berpromosi terhadap potensi di wilayahnya. Sebab, ajang seperti ini menjadi magnet dan alternatif hiburan bagi warga Jateng dan sekitarnya. Apalagi, Jateng Fair 2023 diselenggarakan saat libur panjang sekolah dan momen long weekend Iduladha 1444 Hijriyah.

“Kita juga ditunjuk pemerintah pusat andil terhadap pertumbuhan ekonomi. Alhamdulillah, hasilnya banyak investor datang ke Jateng. Bukan hanya strategis, tapi mereka melihat masyarakat yang ramah, dan disiplin dalam bekerja,” imbuhnya.

Direktur Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Titah Listyorini mengamini hal itu. Guna menyukseskan ajang ini, pihajnya merekrut 200 orang pekerja lepas, dari warga sekitar dan mahasiswa. Dengan begitu, diharapkan bisa memberdayakan perekonomian warga.

“Kalau transaksi secara langsung dan tidak langsung (ditargetkan) sekitar Rp200 miliar,” ujarnya.

Ditambahkan, ajang yang berlangsung dari 30 Juni sampai 16 Juli 2023 ini menampilkan sekitar 375 stan. Disamping itu, diselenggarakan pameran kendaraan Grandmaerakaca Auto Show (GAS) di Balai Sindoro. Adapula pameran mebel skala internasional pada 8-16 Juli 2023.

Meramaikan Jateng Fair 2023, sejumlah band kenamaan hadir dalam acara ini. Di antaranya, Kotak, Fourtwenty, TipeX, GAC, Soegibornean, dan Guyon Waton.