Terima DPRD Jabar, Quatly Alkatiri Beberkan Program Prioritas Legislator Jateng

SEMARANG, Banggasemarang.id – Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri menerima koleganya dari DPRD Jabar di Ruang Rapat Pimpinan, Selasa (13/9/2023). Rombongan wakil rakyat dari jabar itu dipimppin Wakil Ketua DPRD Achmad Ru’yat.

Pada kesempatan itu, Achmad Ru’yat menjelaskan tujuan kedatangan mereka yakni untuk mencari informasi terkait pola penganggaran dalam APBD 2023. Tak hanya itu, Achmad juga mendiskusikan masalah politik Tanah Air yang hangat akhir-akhir ini.

Dalam penjelasannya, Quatly menerangkan, sekarang ini DPRD tengah mengkaji laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur 2022. Dewan akan memberikan rekomendasi kinerja gubernur selama satu tahun anggaran, baik masalah infrastruktur maupun non-struktur.

Tidak dipungkiri, lanjut Quatly, DPRD tengah menyoroti kinerja Gubernur dalam penanganan masalah kemiskinan. Hanya saja Gubernur dan DPRD sudah sepakat bahwa masalah kemiskinan sudah menjadi masalah yang harus ditangani bersama.

“Penonjolan masalah kemiskinan ekstrem menjadi perhatian bersama. Penanganan RTLH secara bertahap pada setiap tahun anggaran selalu dialokasikan. Pemasangan listrik murah pada warga miskin juga menjadi prioritas,”ucapnya.

Quatly turut menyinggung masalah pendanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di 2024.

Pada 2022, Pemprov dan DPRD Jateng menyepakati pembiayaan pilkada melalui dana cadangan yang dianggarkan tiap tahunnya. Pencadangan dana pilkada ini sudah memasuki tahun kedua. Diharapkan pada 2024, anggaran pilkada serentak itu tidak memberatkan keuangan daerah.

“Pembahasan anggaran tentunya melalui beberapa tahapan seperti rakor Banggar, serta rapat kerja dengan sejumlah OPD. Kebijakan kami itu, setiap ketua komisi wajib masuk Banggar, supaya program prioritas tetap terkawal sampai pengesahan,”pungkasnya. (Adv-Anf)