Quatly Alkatiri: Seni Reog Menggerakan Ekonomi Masyarakat Desa

Quatly bersyukur acara pertunjukan reog ponorogo berlangsung dengan lancar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yakni SMK Muhammadiyah Cawas

Pertunjukan seni reog ponorogo berlangsung di desa Burikan kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.

KLATEN, Banggasemarang.id – Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Alkatiri mengatakan pertunjukan seni reog ponorogo dapat menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Pertunjukan seni reog ponorogo berlangsung di desa Burikan kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.

“Senang sekali bisa melihat reog di Klaten, tak hanya reog saja tapi juga ada bazar kuliner yang diikuti oleh 50 stand pelaku kuliner di desa Burikan,”ucap Quatly saat ditemui dalam pertunjukan reog pada Minggu (28/5/2023).

Quatly bersyukur acara pertunjukan reog ponorogo berlangsung dengan lancar. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yakni SMK Muhammadiyah Cawas yang dikenal dengan semboyannya “SMK Bangun Desa”.

“Pertunjukan seni reog ponorogo terselenggara berkat teman-teman SMK Muhammadiyah Cawas,”ujar Quatly.

Diadakan di lapangan desa Burikan dan disaksikan oleh ribuan warga desa, Kepala Desa Burikan mengucapkan terima kasih. “Terima kasih kami haturkan kepada pak Quatly Wakil Ketua DPRD Jateng yang telah memfasilitasi acara ini sehingga dapat diselenggarakan dengan lancar,”tutur Surata.

“Pertunjukan reog ponorogo di desa Burikan merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan dari pagi hingga sore. Kami awali dengan pengajian di pagi hari dan kami tutup dengan reog di siang hingga sore hari,”imbuh Surata.

Seni reog Ponorogo dibawakan heroik oleh Paguyuban Reog Turonggo Mudho. Tak hanya reog saja tapi juga ditampilkan seni tari Jathilan. Jathil adalah prajurit berkuda dan merupakan salah satu tokoh dalam seni Reog yang berasal dari Ponorogo dan merupakan kesenian tertua di tanah Jawa.