Perbaikan Jalur Pantura Ruas Semarang-Demak-Kudus Selesai, Siap ‘Gas’ untuk Mudik Lebaran

Ruas jalan nasional di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tersebut memang tidak dilakukan perbaikan secara permanen.

CEK PERBAIKAN JALAN. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek perbaikan jalan di Pantura Jateng. (Foto: Dok Humas Pemprov Jateng)

DEMAK, Banggasemarang.id –  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek perbaikan jalan di jalur Pantura, tepatnya di ruas jalan Semarang-Demak-Kudus, Jumat (14/4/2023).

Ganjar mengatakan, perbaikan sudah selesai sejak H-10. Meski demikian, masih ada beberapa ruas yang belum bisa diselesaikan secara permanen.

“Perbaikan jalan ini sudah selesai H-10. Hanya ada beberapa ruas yang tidak bisa diselesaikan secara permanen. Contohnya, di tempat saya berdiri ini,” kata Ganjar usai meninjau jalan nasional di ruas Cangkringrambang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak mengutip siaran pers Pemprov Jateng.

Ruas jalan nasional di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tersebut memang tidak dilakukan perbaikan secara permanen. Sebab, air dari sungai yang berada di samping jalan sudah merembes sampai bawah jalan.

“Ternyata ini dari sebelah kiri saya ada sungai, jadi sungai ini sudah merembes di bawah, sehingga berada di bawah jalan ini. Secara teknis, mau dicek dulu karena kalau ini kemudian dibongkar dan diperbaiki tanpa ada tes, ada kemungkinan ambles,” katanya.

Pengetesan dan perbaikan dengan membongkar kontruksi jalan akan membutuhkan waktu lama. Maka dari itu, untuk sementara dilakukan overlay agar dapat dilintasi dengan nyaman saat mudik lebaran nanti.

“Maka mau diperbaiki, ini semua mesti dibongkar sampai di sana, kalau kami mengejar Lebaran pasti nggak mungkin selesai, maka dilakukan overlay. Ini kerja sehari selesai, maka besok sudah selesai. Ini penanganan sementara yang menurut saya bagus,”jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengapresiasi Balai Besar Jalan dari Kementerian PUPR, yang mampu menyelesaikan perbaikan jalan dengan waktu yang cukup cepat. Sehingga, dapat dimanfaatkan oleh pengguna jalan selama mudik Lebaran tahun ini.

“Bisa menyelesaikan persoalan dengan cepat dalam rangka menyongsong Lebaran. Alhamdulillah, yang gede-gede sudah beres semua, saya mau pastikan sudah finish semua,” katanya.

Sebelum mengecek perbaikan di ruas Demak-Kudus, Ganjar lebih dulu mengecek hasil pengerjaan jalan di ruas Semarang-Demak.

Berbeda dengan ruas Demak-Kudus, di dua titik pertama yakni di Sidogemah, Sayung, dan Batu, Karangtengah, Kabupaten Demak, perbaikan jalan dilakukan secara permanen.

Selain itu, Ganjar juga mengecek perbaikan jalan di Jati, Kudus. Jalan itu rusak akibat banjir dan telah menjadi prioritas Kementerian PUPR.

Seperti diketahui, gelombang pertama pemudik diperkirakan masuk ke Jawa Tengah hari ini. Mereka adalah pemudik yang memutuskan untuk berangkat lebih awal.

Ganjar telah meminta kepada seluruh petugas agar siaga penuh mulai Jumat (14/4/2023) malam ini. Segala persiapan untuk menyambut pemudik telah dilakukan, termasuk di antaranya dengan membuka posko terpadu di Dishub, posko bersama kesehatan, BMKG, SAR.