Deretan Daftar Mudik Gratis dari Pemerintah Hingga Swasta

Ilustrasi mudik gratis. (Foto: ANTARA)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Ageda mudik Lebaran selalu menjadi momen membahagiakan bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim, apalagi bila rutin ada program mudik gratis.

Hal ini tidak lepas dari momen pertemuan dengan keluarga setelah sekian lama berpisah. 

Pada mudik lebaran 2023 ini, ada sejumlah program mudik gratis yang dapat diikuti, baik Pemerintah, BUMN maupun swasta. Apa sajakah itu? 

Mudik gratis tahun 2023 ini bisa menggunakan kereta, bus atau kapal. Meski begitu sejumlah syarat harus dipenuhi oleh calon pemudik jika ingin mendapat tiket gratis. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar mudik gratis yang dibuka oleh sejumlah pihak di tahun 2023 ini.

1. Mudik Gratis Kementerian Perhubungan

Layanan mudik gratis 2023 disediakan oleh Kemenhub (Kementerian Perhubungan) melalui DJKA yang pendaftarannya dibuka sejak 1 Maret hingga 3 Mei 2023.

Program mudik gratis ini digelar pada 11-20 April 2023 dan arus baliknya diselenggarakan pada 25 April hingga 4 Mei 2023.

Kemenhub telah menyediakan 46.720 penumpang dan sepeda motor dengan kapasitas 10.440.

Pendaftaran mulai 13 Maret 2023 sampai kuota terpenuhi. Sedangkan untuk waktu dan Lokasi Keberangkatan 18 April 2023 pukul 10.00 WIB dari Terminal Jati Jajar Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan dan Terminal Pulo Gebang Jakarta 19 April 2023 pukul 10.00 WIB dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Poris Plawad Tangerang.

Adapun Kota Tujuan adalah Garut,Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang. Wonosari, Yogyakarta

Kemudian Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, Tulungagung, Lampung dan Palembang

Untuk persyaratan mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023 ini antara lain:

  1. Para peserta diwajibkan sudah vaksin booster
  2. WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar
  3. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc
  4. Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya
  5. Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor
  6. Tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion
  7. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan.
  8. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, baik Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Kartu Keluarga (KK).
  9. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
  10. Peserta yang mengikuti mudik dan balik (pulang pergi), maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.
  11. Peserta hanya diberikan waktu selama tujuh hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan. Setelah lewat dari tujuh hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak diperbolehkan mendaftar ulang.
  12. Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan.
  13. Penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  14. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani saat keberangkatan arus mudik atau balik.
  15. Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum keberangkatan.

Kemudian Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 adalah:

  1. Daftarkan diri Anda melalui website resmi mudik gratis Kemenhub dengan URL https://mudikgratisdephub.go.id.
  2. Daftar lewat alokasi: Download aplikasi MitraDarat di handphone Login dengan alamat email atau akun Google Klik ikon Mudik Gratis. Pilih titik keberangkatan dan tujuan kota mudik. Pilih armada mudik yang sesuai. Isi identitas data penumpang dengan lengkap dan benar. Klik tombol Selesaikan Pesanan.
  3. Lakukan verifikasi pada kantor Kementrian Perhubungan yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat, mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
  4. Berkas verifikasi yang harus dibawa yakni KTP, Kartu Keluarga, SIM dan lain sebagainya.
  5. Tunggu verifikasi paling lambat tiga hari setelah melakukan pendaftaran online, jika telah melewati waktu tersebut maka verifikasi pendaftaran dianggap gagal.
  6. Informasi lebih lanjut segera hubungi call center Kemenhub dibawah ini:

Nomor telepon : 021 151 / 151, Facebook : kemenhub151, Twitter : @kemenhub151, e-mail: [email protected]

2. Jasa Raharja

Layanan penyedia mudik gratis bukan hanya Kemenhub, karena Jasa Raharja membuka program mudik gratis menggunakan transportasi kereta api dan bus.

Program mudik gratis 2023 BUMN ini memiliki 40 tujuan mulai dari Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen,  Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Malang, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, dan Magelang.

Untuk pendaftaran ulai tanggal 15 Maret 2023 sampai kuota habis Tanggal Keberangkatan: 18 April 2023 dari Ringroad Gelora Bung Karno (GBK)

Adapun kota tujuannya adalah Wonogiri, Surakarta, Klaten, Kebumen, Purworejo, Sragen, Boyolali, Ngawi, dan Grobokan

Syarat Ketentuan

  1. Harus memiliki akun JRku-Jasa Raharja
  2. Harus memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK
  3. Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku
  4. Harus memiliki SIM C yang masih aktif
  5. Pendaftar dan peserta yang didaftarkan harus dalam satu keluarga
  6. Apabila salah satu persyaratan pada poin 1-5 tidak terpenuhi maka pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

Cara Daftar:

  1. Lakukan pendaftaran dengan mengakses mudik.jasaraharja.co.id yang dapat diakses melalui Smartphone, Laptop maupun PC.
  2. Lakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi.
  3. Jika tiket tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri.
  4. Pastikan data yang dilengkapi sudah benar.
  5. Sistem akan memverifikasi secara otomatis dan jika lolos verifikasi maka tiket elektronik akan terbit.
  6. Simpan tiket elektronik kamu dengan baik & tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan.

3. Mudik Gratis Badan Penghubung Jateng

Pendaftaran mulai 13 Maret 2023 untuk bus  dan 27 Maret 2023 untuk kereta (sampai kuota terpenuhi)

Waktu dan Lokasi Keberangkatan pada 17 April 2023 pukul 07.00 WIB dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII 18 April 2023 dari Stasiun Pasar Senen

Kota Tujuan untuk Bus Solo Raya, Semarang, Banyumas, Kedu, Pati, Pekalongan, sedangkan kota tujuan untuk Kereta adalah Kutoarjo, Purwosari dan Semarang

Syarat Ketentuan: KTP Jawa Tengah/Kelahiran Jawa Tengah Pendaftar dalam keluarga atau kelompok maksimal 4 orang

Cara daftar: Melalui link https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa dan pilih tujuan serta isi data diri yang diperlukan

4. Mudik Bersama Indomaret

Program mudik gratis Indomaret 2023 menyedikan tiga titik keberangkatan dari Lampung, Jakarta, dan Surabaya dengan tujuan sasaran berada di kota-kota pulau Jawa. Indomaret menyediakan 3.380 kursi mudik gratis menggunakan bus dan kereta api yang berangkat pada 18-19 April 2023.

Peserta mudik gratis Indomaret 2023 untuk wilayah Jakarta disediakan 2.290 tiket bus yang diberangkatkan dari Gelora Bung Karno Jakarta dan kereta api diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen. Sementara itu, untuk peserta mudik wilayah Lampung disediakan 500 tiket yang berangkat dari PKOR Way Halim Bandar Lampung pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB.

Selain itu, peserta mudik Surabaya disediakan 590 tiket yang diberangkatkan dari Balai Prajurit Pasmar 2, Sidoarjo, 19 April 2023 pukul 08.00 WIB.

Pendaftaran: 1-31 Maret 2023 Tanggal keberangkatan: 18 April 2023 dari Parkir Timur Senayan pukul 08.00 WIB dan Stasiun Pasar Senen pukul 23.00 WIB Kota tujuan: Yogyakarta dan Solo Syarat

Ketentuan: Periode belanja: 1-31 Maret 2023 Konsumen belanja produk apa saja di toko Indomaret (tidak berlaku untuk pembayaran virtual, pembelian rokok, gas elpiji dan susu bayi di bawah 1 tahun).

Transaksi menggunakan isaku di aplikasi Indomaret Poinku. Satu tiket bus minimal pembelanjaan senilai Rp 350.000 (tidak berlaku kelipatan) tujuan Yogyakarta atau Solo. Satu tiket kereta api minimal pembelanjaan senilai Rp 500.000 (tidak berlaku kelipatan) tujuan Yogyakarta.

Untuk pemudik bus, registrasi ulang dilakukan tanggal 18 April 2023 minimal 3 jam sebelum keberangkatan. Untuk pemudik kereta api, konsumen yang membawa bayi di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tambahan tiket infant (lapor ke loket untuk mendapatkan tiket infant) wajib membawa Kartu Keluar Kartu Identitas Anak. Penukaran boarding pass jam 18.00-21.00 WIB tanggal 18 April 2023 di Indomaret Point Stasiun Pasar Senen. Maksimal 4 tiket untuk setiap member Indomaret Poinku.

Struk transaksi wajib di fotokopi. Pemudik wajib sudah vaksin ketiga (Booster 1). Bayi di atas 3 tahun wajib memiliki tiket mudik. Data identitas peserta mudik wajib sama dengan pengisian data saat di toko Indomaret (Nama, Usia, Gender. No. Identitas, No HP dan email). 

5. Mudik Bersama Alfamidi

Pendaftaran: 16 Februari-31 Maret 2023. Tanggal keberangkatan:19 April 2023 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII pukul 06.00 WIB Kota tujuan: Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang Syarat

Ketentuan: Khusus member Alfamidi belanja minimal Rp 300.000 (Minimal 3 brand produk sponsor) tidak berlaku kelipatan berkesempatan mendapatkan Nomor transaksi & kode di struk untuk 1 Tiket Bus (untuk 2 org ) + Kaos Mudik + Goodie Bag + Uang Saku. Grand prizes mudik dengan mobil pribadi + supir Pribadi (Max 4 orang penumpang) akan dipilih berdasarkan member dengan pembelian produk sponsor mudik terbanyak selama periode program.

Tiket mudik akan dialokasikan selama 7 minggu. Tanggal struk pembelanjaan harus sesuai dengan tanggal pembukaan kuota setiap minggunya. Jika kuota sudah terpenuhi di setiap minggunya, WA, No.transaksi dan kode diminggu tersebut tidak berlaku lagi.

Setiap WhatsApp yang dikirimkan akan menerima balasan. Jika tidak menerima balasan dapat menghubungi Customer Care Alfamidi.

Peserta Mudik ditentukan berdasarkan pengiriman struk tercepat via WhatsApp sesuai dengan jumlah kuota setiap minggunya dan sesuai database Alfamidi. Peserta Mudik yang terdaftar sesuai dengan no member yang tercetak di struk. Member yang belum mendapatkan tiket, berhak untuk mengirimkan WhatsApp sesuai format diminggu berikutnya dengan ketentuan harus berbelanja kembali.

Pengumuman pemenang peserta Mudik tiap minggunya dapat dilihat di bit.ly/serunyamudikalfamidi2023

Peserta wajib melakukan registrasi ulang pada tgl 10-12 April 2023 dengan membawa fotokopi KTP, fotokopi Kartu Member dan struk pembelanjaan. Nama peserta yang didaftarkan harus sesuai dengan nama yang berangkat.

Peserta mudik WAJIB vaksin lengkap (booster) dan menunjukkan sertifikat vaksin pada saat registrasi ulang & keberangkatan.

Cara Daftar: Kirim ke no Whatsapp Alfamidi: 0811-1061-2729. Pengiriman WA hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00-21.00 WIB. Format WhatsApp untuk pendaftaran Mudik Alfamidi yakni MUDIK#nomor member#nama#nomor handphone#tujuan#nomor transaksi#kode

6. Alfamart

Alfamart memiliki program mudik gratis kepada beberapa orang yang beruntung di Jabodetabek dan telah memenuhi syarat.

Mudik gratis Alfamart 2023 menyediakan transportasi bus dan pesawat yang melintasi berbagai tujuan di seluruh Indonesia.

Syarat Daftar Mudik Gratis Alfamart 2023 antara lain:

  1. Program mudik gratis hanya ada pada daerah Jabodetabek.
  2. Harus melakukan pembelian beberapa produk sponsor dengan minimal jumlah 3 produk dengan jumlah nominal Rp100.000 khusus member Alfamart.
  3. Setelah melakukan pembelian akan mendapatkan 1 start dan bisa menukarkannya dengan 1 tiket. 4. Tukarkan melalui aplikasi Alfagift, dengan peraturan sebagai berikut: 3 start akan mendapatkan 1 tiket bus, 6 start akan mendapatkan 1 tiket pesawat z

7. Pemprov DKI Jakarta

Pendaftaran: 23 maret – 13 april 2023, pukul 08.00-16.00 WIB Tujuan Kota: Bandar Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Jogjakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, Malang Cara Daftar: Secara online bisa mengunjungi situs www.mudikgratisjakarta.com

Selain itu, secara offline di 6 lokasi service yang tertera. Jika ingin datang langsung atau offline bisa mendatangi lokasi berikut ini pada tanggal 23 maret – 13 april 2023, pukul 08.00-16.00 WIB.

Berikut lokasinya: Kantor Dinas Perhubungan DKI Jakarta Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Barat Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Pusat Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Timur Syarat Ketentuan KTP Kartu Keluarga Kartu Vaksin Terakhir STNK (apabila membawa sepeda motor) Setiap pendaftar dapat menambahkan 3 anggota keluarga dalam 1 KK (Kartu Keluarga) Wajib membawa dokumen yang dipersyaratkan pada saat verifikasi.

8. Tangerang

Pendaftaran: 23-29 Maret 2023 Tujuan kota: Pangandaran, Cirebon, Semarang, Solo, Wonogiri, Purworejo, Wonosobo, Madiun, Malang, Surabaya, Banyuwangi, Yogyakarta Cara Daftar: Hanya tinggal melakukan pengisian data diri dan informasi lain melalui link https://forms.gle/tr1MKXkjwHpoJjcn6

9. Hyundai

Produsen mobil asal Korea Selatan ini memiliki program layanan mudik gratis 2023. Hyundai menyediakan mudik gratis hanya untuk 10 orang terpilih dengan mengikuti challenge sejak 3-28 Maret 2023. 

Konsep kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan Hyundai yakni, calon pemudik ikut serta dalam challenge di akun Instagram @hyundaimotorindonesia dengan cara memposting foto dengan caption agenda mudik dan pemenangnya mendapatkan hadiah mudik gratis menggunakan mobil Hyundai Stargazer dan juga mendapatkan THR sebesar 200 juta rupiah atau  Rp. 20.000.000 bagi setiap pemenang yang beruntung.