Event  

Tiga Event Kota Semarang yang Masuk Event Unggulan Jateng

Festival Kota Lama Semarang. (Foto: Dok. Disparbud Jateng)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Pada tahun 2023, sejumlah event di Kota Semarang siap memanjakan Anda. Tiga diantaranya adalah masuk event unggulan di Jawa Tengah. Apa saja?

Yang pertama adalah Dugderan, yang digelar pada 17 Maret 2023 mendatang. Dugderan adalah tradisi jelang Ramadan di Kota Semarang sejak tahun 1881.

Istilah Dugderan berasal dari bunyi Bedug dan dentum meriam. Saat ini, Dugderan dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya.

Event kedua adalah Festival Arak – Arakan Cheng Ho. Festival ini digelar sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu.

Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie  menuju Klenteng Sam Poo Kong. Festival ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan kesenian tradisional perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

Yang terakhir adalah Festival Kota Lama. Festival ini  merupakan event tahunan yang diadakan sejak tahun 2012 yang mengusung tema Kuno, Kini, Nanti.

Pengunjung dapat menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris. Tidak hanya itu, Festival Kota Lama  dimeriahkan dengan hiburan musik, fashion show, pameran klitikan, dan sebagainya.