Ramaikan Kegiatan Expo Desa Bejen, Mahasiswa KKN UNNES Lakukan Pelatihan Pembuatan Eco Print

Pelatihan pembuatan eco print bersama ibu-ibu PKK di Balai Desa Bejen (09/11)

TEMANGGUNG, Banggasemarang.id – Mahasiswa KKN UNNES Giat 3 melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan eco print yang ditujukan kepada masyarakat Desa Bejen, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat serta untuk memeriahkan acara Expo Desa Bejen di Bejen Forest Park pada hari Sabtu, 26 November 2022. Pelaksanaan pelatihan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pelatihan pembuatan eco print sebelumnya yang dilaksanakan bersama ibu-ibu PKK di Balai Desa Bejen.

Pelatihan pembuatan eco print ini dipandu langsung oleh mahasiswa UNNES Giat Desa Bejen, yakni Anisa Nur Safitri, Azhira Lutfia Khansa, Arina Fikri Nabila, Andina Widya Kusumawardani, Dafina Eka Claradia Tassabila, Titik Setyorini, Restu Galih Saputro, Herlambang Susanto, dan Kamajaya Dwi Dharma Prasetyo dengan Dosen Pembimbing Lapangan Anna Kania Widiatami, S.E., M.Ak., Akt.

Pelatihan pembuatan eco print ini mendapatkan antusiasme dari pengunjung yang datang menghadiri Expo Desa Bejen.

Sebanyak 20 orang mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan berjalan dengan lancar meskipun terdapat kendala pada ketersediaan alat dan bahan yang terbatas sehingga peserta yang mengikuti pelatihan pun harus dibatasi.

Eco print sendiri merupakan teknik memberi pola atau motif pada media kain menggunakan bahan alami, seperti daun dan bunga.

Eco print ini memindahkan bentuk dan warna ke media kain sesuai dengan bentuk aslinya. Dalam pelatihan pembuatan eco print ini, media yang digunakan adalah tote bag.

“Meskipun menggunakan bahan alami, seperti daun dan bunga, namun teknik eco print ini dapat menghasilkan corak yang unik pada kain. Sehingga cocok dijadikan ide bisnis fashion, baik tas, pakaian, dan lain-lain. Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami juga menyebabkan eco print ini sangat ramah lingkungan,”kata Azhira Lutfia Khansa, Kormades KKN UNNES Giat Desa Bejen.

Kepala Desa Bejen, Sugeng Widodo juga menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa UNNES GIAT 3 yang telah mendukung dan memeriahkan Expo Desa Bejen di Bejen Forest park, serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Bejen.