Di Hadapan Generasi Muda, Ida Nurul Farida Sampaikan Pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ida Nurul Farida, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah bersama peserta Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. (Foto: Anjas Yanasmoro Aji/Banggasemarang.id)

SALATIGA, Banggasemarang.id – Ida Nurul Farida, Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di hadapan puluhan generasi muda di Kota Salatiga pada hari Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kelurahan Dukuh ini merupakan kerjasama antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dengan DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ida Nurul Farida menyampaikan sejarah kemerdekaan Negara Indonesia diawali dengan semangat Sumpah Pemuda pada tahun 1928 dan puncaknya semangat para pemuda itu dibuktikan pada Tahun 1945 Negara Indonesia bisa meraih kemerdekaanya.

“Dulu pada tahun 1928 berkumpullah para pemuda, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatera, dan perkumpulan pemuda lainnya sebagai pencetus sumpah pemuda, dengan semangat kepemudaan Tahun 1945 Negara Indonesia bisa meraih kemerdekaannya,” jelasnya.

Nilai utama dalam pengembangan nilai-nilai karakter disampaikan Ida Nurul Farida dapat dikristalisasi atau diwujudkan dalam nilai-nilai religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan mandiri.

Ida Nurul Farida berharap kepada para peserta untuk selalu Cinta Tanah Air dan mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan prestasi yang baik.

“Mengenalkan kepada anak muda untuk bangga kepada Bangsanya dan siap untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan prestasi-prestasi yang luar biasa, semangat untuk anak muda,”kata Ida.

Budi Santoso selaku staf yang mewakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan dengan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara para pemuda kelak akan menerima estafet Kepemimpinan Negara.

“Harapan dalam pelaksanaan acara ini kalian akan kelak menerima estafet Kepemimpinan dan dapat mengimplementasikan nila-nilai Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam kehidupan bermasyarakat,”ungkapnya.

Turut hadir pula dalam acara ini Muh Haris Mantan Wakil Wali Kota Salatiga 2 Periode memberikan motivasi ke para hadirin. Muh Haris menyampaikan hal tentang kunci hidup.

“Kunci hidup yaitu kolaborasi dan kerjasama, dengan melaksanakan kunci hidup menuju anak muda yang sukses,”Papar dia.

Penulis : Anjas Yanasmoro Aji