Begini Nuansa ‘Pesta Rakyat’ Semarak Kemerdekaan di Karangduren Tegalrejo Magelang

Banggasemarang.id – Karang Taruna Dusun Karangduren, Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang memiliki cara sendiri dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-77. Salah satunya dengan menggelar event jalan sehat yang diikuti seluruh warga.

Selama sepekan penuh, warga Dusun Karangduren mengadakan event bertajuk kemerdekaan diisi dengan perhelatan lomba lomba yang bertujuan memeriahkan HUT RI yang ke 77.

Lomba ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu lomba untuk anak anak, ibu ibu, bapak bapak, dan pasutri. Variasi perlombaannya seperti estafet tepung, turnamen badminton, dan merias wajah mirip tokoh wayang punokawan untuk lomba pasutri.

Setelah event perlombaan, pada Rabu (17/8/2022), seluruh warga baik tua dan muda berkumpul untuk mengadakan upacara penurunan bendera di halaman salah satu rumah warga dengan memakai pakaian khas Indonesia yaitu kebaya bagi ibu ibu dan batik bagi bapak bapak. Upacara berlangsung hikmat dan khusyuk.

“Rangkaian kegiatan ini dilakukan bukan hanya sebagai pesta rakyat saja namun juga sebagai bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini,”kata Ketua Karangtaruna Karangduren, Ismail.

Puncak acara peringatan kemerdekaan ini dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga dusun Karangduren.

Rute ini cukup panjang dengan total trek sekitar 7 KM mengelilingi dusun karang duren. Di dalam acara ini juga dibagikan hadiah dari perlombaan yang sudah dilaksanakan hari sebelumnya, juga membagi doorprize dengan grandprize sebuah motor matic terbaru.

Anggota DPRD Kabupaten Magelang Arifah Apriliyani mengapresiasi kegiatan pesta rakyat ini sebagai upaya melestarikan semangat kemerdekaan.

“Pesta rakyat ini harus terus di lestarikan supaya kebahagiaan dan semangat kemerdekaan terus berkobar di hati masyarakat. Dengan adanya lomba dan jalan sehat ini membuat masyarakat semakin guyub dan semakin bangga akan kemerdekaan Indonesia yang sudah di rebut dari tangan penjajah,”kata April.