Peringati HUT ke-77 RI Secara Daring, Mahasiswa Unnes Bantu Merealisasikan Wungon Terpanjang Desa Botekan Pemalang

PEMALANG, Banggasemarang.id – Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 RI, masyarakat Desa Botekan, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang dibantu oleh Mahasiswa UNNES GIAT 2 menggelar kegiatan Malam Tirakatan bersama satu desa.

Secara hybrid di Balai Desa Botekan, Selasa (16/8/2022) kegiatan disiarkan via zoom dan youtube, serta penempatan tiga proyektor di setiap dusun Desa Botekan.

Pemdes Botekan rancangkan acara Wungon atau Malam Tirakatan yang ditunggu tiap tahun dapat berjalan secara meriah dan secara bersamaan satu desa. Mahasiswa UNNES GIAT 2 siasati kegiatan dengan pengadaan zoom dan youtube secara langsung.

Balai Desa Botekan menjadi titik utama penyampaian pidato dari perangkat desa, serta dilanjut dengan acara doa bersama.

Mahasiswa UNNES GIAT 2 menempatkan diri di tiga tempat lain yaitu Dusun Pandansari, Dawuhan, Mokolan yang sudah disediakan proyektor supaya mengetahui pesan yang disampaikan dan bekerja secara berbarengan.

Masyarakat dapat pula mengakses kegiatan melalui link yang sudah disebarkan sehingga dapat mengetahui informasi yang sedang diberikan.

“16 Agustus 2022 diadakan Wungon untuk memperingati HUT RI ke-77 sepanjang jalan Desa Botekan dan diikuti oleh seluruh warga Desa Botekan. Wungon sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bentuk penghormatan kepada para pahlawan terdahulu yang sudah berjuang melawan penjajah,”ujar Trinanto, Kepala Desa Botekan.

Sepanjang jalan Desa Botekan terlihat antusiasme warga yang mengikuti acara Wungon. Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk memupuk kebersamaan dan kerukunan antar masyarakat. Selain itu, diadakan lomba tumpeng guna memeriahkan acara. Sekitar sepuluh tumpeng yang dibuat oleh warga Desa Botekan.