Anggota DPD RI Casytha Ariwi Kathmandu Dorong Anak Muda Masuk ke Dunia Politik Meski Sering Dipandang Sebelah Mata

Casytha Ariwi saat menjadi narasumber dalam dialog kebangsaan Gema Keadilan Jawa Tengah pada Sabtu (19/3/2022) di gedung DPRD Jateng. (Foto: Nurdin Nugroho/Bangga Semarang)

SEMARANG, Banggasemarang.id – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Casytha Ariwi Kathmandu mendorong anak muda tidak alergi masuk ke dunia politik.

Hal itu disampaikan oleh Casytha Ariwi saat menjadi narasumber dalam dialog kebangsaan Gema Keadilan Jawa Tengah pada Sabtu (19/3/2022) di gedung DPRD Jateng.

Casytha mengatakan, meski anak muda yang masuk dalam politik seringkali dipandang sebelah mata. Tetapi hal tersebut tidak boleh menghambat minat anak-anak muda untuk masuk ke dunia politik.

“Tentunya kuncinya adalah selain niat, semangat, dibutuhkan pula kemampuan adaptasi,”kata legislator muda yang masih berusia 35 tahun itu.

Selain itu, Casytha mengatakan untuk bisa memaksimalkan peran dalam politik, siapapun yang ingin terjun ke politik harus memiliki kemauan yang kuat untuk belajar.

Lebih lanjut, legislator Dapil Jateng ini mengatakan dirinya masuk ke dunia politik setelah beberapa tahun berkarir secara profesional di perusahaan konsultan internasional dan di salah satu bank milik pemerintah.

“Awalnya, saya tergerak masuk ke dunia politik saat menyadari bahwa banyak hal yang dikerjakan merupakan hasil dari proses politik,”tukasnya.

Menurut dia, saat ini pendidikan politik di Indonesia belum maksimal. Salah satu bukti, kata dia, masih banyak yang belum tahu tugas dan fungsi DPD RI. “Tugas utamanya adalah legislasi dan pengawasan,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Casytha Arriwi Kathmandu adalah putri dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto.

Namun, berbeda dengan ayahnya yang menjadi anggota DPR RI, perempuan kelahiran Solo pada 28 Desember 1987 ini memilih jalan lain.

Berbekal jaringan kalangan nasionalis di PDI Perjuangan dan kalangan marhaen, Casytha memberanikan diri maju untuk DPD RI Dapil Jateng pada Pileg 2019 lalu yang akhirnya mendudukkan Casytha di senayan bersama para legislator lainnya.