Quatly Alkatiri Dorong Bangun Ekosistem UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi di Jateng

Quatly saat menjadi pemateri dalam kegiatan pemantapan ketahanan ekonomi, sosial, budaya bagi masyarakat yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Klaten pada Sabtu (12/3/2022).

KLATEN, Banggasemarang.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Quatly Abdulkadir Alkatiri mendorong sejumlah strategi dalam upaya pemulihan perekonomian pasca pandemi di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Quatly saat menjadi pemateri dalam kegiatan pemantapan ketahanan ekonomi, sosial, budaya bagi masyarakat yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Klaten pada Sabtu (12/3/2022).

“Strategi Jawa tengah mendorong pemulihan perekonomian adalah pengendalian Covid-19 dan Lanjutkan era New Normal, kemudian perkuat sinergi antar instansi Pemprov Jateng  dan antar Pemprov dengan Pemkab/kota,”kata Quatly.

Lebih lanjut, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng ini mengatakan sinergi, fasilitasi dan insentif untuk dorong permintaan dan penawaran.

“Waspadai lonjakan permintaan ekonomi  terhadap produk/jasa,”kata dia.

Untuk itu, Quatly merekomendasikan sejumlah kebijakan strategis dalam percepatan pemulihan ekonomi. Diantaranya adalah mendorong kelancaran dan efektivitas vaksinasi di Jawa Tengah sebagai prasyarat penting dalam pemulihan ekonomi.

“Kemudian optimalisasi anggaran melalui percepatan realisasi anggaran dan tepat sasaran guna mendorong pertumbuhan  ekonomi ke depan, membangun ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan,”jelas dia.

Selain itu, dia merekomendasikan adanya peningkatan produktivitas sektor pertanian dengan penggunaan teknologi pertanian yang tepat guna.

“Menjadikan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sebagai prioritas untuk menuju sumber pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas di masa mendatang serta mendorong ekonomi digital melalui sistem pembayaran non tunai,”pungkasnya.