Wisata  

Ini Tarif Baru Berwisata di Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa Semarang

Museum Lawang Sewu Kota Semarang

SEMARANG – PT Kereta Api Pariwisata menyosialisasikan tarif tiket baru untuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa Semarang.

Menurut keterangan Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar menyampaikan untuk tarif tiket masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa terbaru terbagi dalam tiga golongan. Yaitu meliputi tarif tiket masuk dewasa senilai Rp 20 ribu, tarif tiket masuk anak dan pelajar senilai Rp 10 ribu.

“Sedangkan untuk tarif tiket masuk bagi wisatawan mancanegara (Wisman) senilai Rp 30 ribu,”katanya dikutip dari laman Pemkot Semarang, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Ilud, untuk jam operasional Museum Lawang Sewu pada weekday atau hari biasa dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Lalu, saat di akhir pekan Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional jam operasionalnya menjadi lebih panjang, yakni dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB,”tandasnya.

Sementara, bagi pengunjung yang hendak masuk museum dengan persyaratan yaitu setiap pengunjung wajib vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

Sedangkan untuk anak usia 12 tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal dosis vaksin 1.

Dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona Covid-19 dan Varian Omicron,  KAI Wisata terus meningkatkan dan memperketat penerapan protokol kesehatan bagi para pengunjung.

Sejak dibuka kembali di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di bulan Agustus 2021 KAIWisata tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi wisata Gedung Bersejarah Lawang Sewu.

“Kami menyediaan fasilitas untuk higienitas para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun. Serta himbauan agar pengunjung selalu menjaga jarak, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah,” paparnya.

Manager Museum Lawang Sewu dan Indonesia Railway Museum, Trisna Cahyani mengatakan, jumlah kunjungan ke museum Lawang Sewu terus mengalami peningkatan.

Jumlah pengunjung setiap weekend atau Sabtu dan Minggu, di Lawang Sewu di bulan Desember 2021, rata-rata diangka 4.500 orang atau naik sekitar 125 persen. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan jumlah kunjungan di bulan November 2021.