Terminal Gunungpati Sabet Gelar Juara Lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional

Foto : Tribun Jateng

Salah satu terminal di Kota Semarang yaitu Terminal Gunungpati berhasil meraih gelar juara pertama pada Lomba Terminal Sehat Tipe C Tingkat Nasional. Gelar tersebut diraih setelah sebelumnya dalam tiga besar menyisihkan dua terminal lainnya , yaitu Terminal Madyapuro Malang dan Terminal Condong Catur Sleman.

Sebelumnya Ketua Tim Penilai Perlombaan, Krisnawaty K. Banjarnahor mengungkapkan bahwa selain kelengkapan fasilitas umum, kebersihan dan komitmen seluruh pengelola terminal menjadi poin penting saat penjurian. Ditambah dengan komitmen sejauh mana penerapan protokol kesehatan dalam menghadapi masa pandemi covid 19.

Penobatan sebagai juara yang diadakan pada Selasa (17/11) kemarin virtual dihadiri oleh Pejabat Sementara (PjS) Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto. Pihaknya mendorong agar semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di Terminal Gunungpati dapat terus ditingkatkan.“Ke depan pelayanan yang ada harus semakin baik dan ditingkatkan sesuai dengan protokol kesehatan dan kebiasaan baru new normal, dimanapun dan kapanpun”, jelas Tavip.

Dengan dinobatkan sebagai juara, Tavip berharap bahwa Terminal Gunungpati dapat menjadi contoh dan layak diadopsi baik dari segi inovasi maupun pelayanan oleh seluruh terminal di Kota Semarang. Pemkot Semarang sendiri akan terus berupaya memberikan pelayanan transportasi yang maksimal demi kenyamanan bersama.“Hal tersebut dilakukan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pengecekan suhu tubuh dengan kamera thermal detector kepada seluruh calon penumpang, petugas terminal, petugas armada dan petugas kantin sehat” imbuh Tavip. Bukan hanya itu, penyemprotan disinfektan secara rutin seluruh terminal di Kota Semarang juga senantiasa digalakkan sebagai upaya sterilisasi kawasan.

Petugas terminal juga berupaya memastikan kebersihan dan sanitasi terminal, uji emisi armada secara rutin termasuk pemanfaatan sampah organik sebagai kompos. Sejauh ini Terminal Gunungpati nampak dilengkapi dengan fasilitas umum yang bersih serta perawatan yang baik. Salah satunya bukan hanya terdapat toilet, tapi juga tersedia wastafel di berbagai sudut lokasi. Area toilet sendiri terpisah, adanya ruang laktasi, ruang layanan kesehatan dan ruang isolasi serta area khusus merokok yang terpisah.

Sementara itu menurut Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi, keberhasilan Terminal Gunungpati dalam meraih gelar juara tidak lepas dari peran banyak pihak, termasuk salah satunya ide-ide yang diberikan dari pihaknya. Tentu selain juga ada dukungan dari OPD terkait seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan yang bersinergi dengan Forum Kota Sehat secara intens.“Untuk menurunkan persebaran covid 19 yaitu dengan implementasi adaptasi kebiasaan baru yang sejalan dengan prinsip Kota Sehat. Yaitu bergerak bersama untuk menjadikan Waras Wargane, Sehat Kuthone. Dengan masyarakat yang sehat, Insya Allah Kota Semarang menjadi kota yang lebih aman dan nyaman” urai Krisseptiana.