Unnes Semarang Sematkan Habib Luthfi Gelar Honoris Causa

Foto : http://unnes.ac.id

Habib Luthfi sebagai salah satu Anggota Watimpres menerima Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Senin (9/11). Habib Luthfi bin Yahya dinilai sebagai salah satu ulama yang telah memberikan sumbangsih bagi negeri ini melalui dakwah. Acara yang diadakan di Auditorium UNNES tersebut berjalan sesuai dengan protokol kesehatan dan dihadiri pula oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Dalam salah satu petikan orasinya Habib Luthfi menyampaikan rasa terimakasih kepada Rektor dan seluruh Anggota Senat UNNES berkaitan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dalam bidang Komunikasi Dakwah dan Sejarah Kebangsaan. Habib Luthfi juga menambahkan bahwa pemberian gelar tersebut merupakan suatu kehormatan baginya. “Semoga apa yang dilakukan UNNES ini mendapat keberkahan dan ridho dari Allah Swt” ucap Habib Luthfi di tengah orasi ilmiahnya.

Selaku Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum menilai bahwa apa yang disampaikan dan dibawakan Habib Luthfi selama ini, baik dalam bentuk buku atau tulisan maupun dakwah di masyarakat secara langsung setidaknya memuat tiga pilar. Yaitu pemberdayaan umat, menumbuhkan rasa nasionalisme (agama kebangsaan) dan pertumbuhan ekonomi. Bukan hanya itu pemberian Honoris Causa juga merupakan suatu bentuk rasa hormat dan memuliakan ilmu kepada salah seorang guru dan tokoh ulama kharismatik yang berkontribusi bagi negara, dengan dakwahnya yang sejuk serta mendamaikan.

Habib Luthfi yang juga Ketua Forum Sufi Internasional menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Strategi Pemberdayaan Umat dan Sejarah Kebangsaan”. Dalam pemaparannya, beliau menunjukan sinergi dan penerapan antara teknologi dan kebhinekaan sejak berdirinya Candi Borobudur dan Prambanan. “Pendakwah sebagai salah satu publik figur perlu menyampaikan hal-hal yang tidak menyimpang dari khazanah beragama dan bernegara” ungkap Habib Luthfi.

Dalam berlangsungnya acara tersebut, dihadiri pula secara virtual oleh sejumlah dubes dan menteri. Seperti Dubes Mesir, Dubes Maroko, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Koperasi dan UKM serta sejumlah tokoh lainnya.

Menteri Sekretaris Negara, Prof Patikno juga mengucapkan selamat kepada Habib Luthfi dan UNNES atas acara penganugerahan gelar kehormatan tersebut. Tak ketinggalan Presiden Joko Widodo serta sejumlah jajarannya turut menyampaikan ucapan selamat secara virtual. Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Habib Luthfi merupakan tokoh yang mampu memberikan dakwah dalam bingkai cinta tanah air.